Posted on : 02/06/2018

Pemerintah Buka Formasi CPNS 2018, Bimbel CPNS Diserbu

TEMPO.CO, Jakarta - Pada 2018, pemerintah akan kembali membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Bulan ini, rencananya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mengumumkannya. Meski belum jelas formasi apa yang dibutuhkan, lembaga bimbingan belajar khusus untuk calon peserta seleksi CPNS (bimbel CPNS) sudah banjir peminat.

Kepala Divisi Marketing Akses CPNS—lembaga bimbingan belajar yang fokus untuk CPNS—Yustamar menilai ada animo khusus dari masyarakat untuk mengikuti bimbel begitu ada kabar pemerintah membuka seleksi tahun ini.

Baca juga: Dengan Rp1,2 Juta, Bimbel CPNS Ini Tawarkan Bisa Lolos Tes CPNS

Yustamar mengatakan, di lembaga bimbel CPNS-nya, kuota untuk kelas pada gelombang pertama langsung penuh. Padahal, kata dia, pihaknya baru membuka pendaftaran bimbel CPNS pada pertengahan Desember 2017

"Seperti tanggal 6 Januari ini, untuk gelombang pertama di tahun 2018, kami buka 100 orang. Alhamdulillah sudah terisi semua," ujarnya saat dihubungi Tempo, Rabu, 3 Januari 2018.

Kementerian PANRB akan mengumumkan formasi CPNS 2018 pada Januari. Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan minimal penerimaan CPNS pada tahun ini berjumlah 110 ribu orang.

Menurut Yustamar, bimbel CPNS-nya saat ini masih membuka jadwal untuk gelombang pertama. Nanti, kata dia, akan ada pembukaan kembali untuk gelombang kedua pada Februari.

"Rencana 17 Februari buka sekitar 12 kelas untuk yang di Jakarta saja serta nanti di daerah lain, seperti Makassar, Surabaya, Malang, dan Bandung," ucapnya.

Sebelumnya, Yustamar berujar banyaknya permintaan mengikuti bimbingan belajar bagi calon peserta tes CPNS membuat lembaga bimbel CPNS-nya berniat meluaskan sayap ke daerah. Untuk 2017 saja, lembaga bimbel CPNS ini telah membuka 30 kelas dengan jumlah peserta mencapai 750 orang. "Tiap kelas kami isi 20 orang dan maksimal 25 orang,” tuturnya.

Yustamar menambahkan, lembaga bimbel CPNS yang dikelolanya mengalami lonjakan permintaan pada 2017, lebih banyak dibanding pada 2014.