10 Keuntungan Berkarir Jadi PNS Nomor 3 Jadi Incaran 

Bimbel Akses Bimbel Akses • 25 June 2022

10 Keuntungan Berkarir Jadi PNS Nomor 3 Jadi Incaran 

Apa Aja Sih Keuntungan Menjadi ASN ? Simak Artikel Ini

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi primadona bagi banyak masyarakat di Indonesia, Karena menjadi seorang PNS menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena bisa mengabdi kepada Negara Indonesia kita tercinta dengan kesejahteraan yang di jamin oleh pemerintah.

 

Di tahun 2022 ini pemerintah memang resmi tidak membuka penerimaan CASN CPNS dan hanya memfokuskan pada penerimaan CASN PPPK saja. Selain itu tentunya tidaklah mudah untuk menjadi seorang PNS dikarenakan harus melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat dan kompetitif di setiap tahunnya. 

 

Di rangkum dari obligasi.id terdapat 10 Keuntungan Berkarir Jadi PNS yang masih belum banyak disadari.  Pasalnya dengan berkarir menjadi seorang PNS bisa lebih menguntungkan dibandingkan karyawan swasta. Lalu apa saja sih keuntungannya ?.

 

Di kutip dari obligasi.id Berikut ini adalah 

 

10 Keuntungan Berkarir Jadi PNS :

 

 

1. Penghasilan yang Tetap

Keuntungan menjadi PNS yang paling diincar adalah penghasilannya yang tetap.
Kondisi ini berbeda dengan karyawan swasta yang penghasilannya ditentukan oleh kondisi industri dan performa perusahaan.

Selain itu, peningkatan gaji PNS umumnya cenderung lebih tinggi dibandingkan inflasi tahunan, sehingga menyukai kestabilan pendapatan. 

Tak hanya mendapatkan gaji, PNS juga mendapatkan beberapa tunjangan ‍gaji pokok, beberapa profesi PNS, seperti guru, dokter, dan dosen, berhak untuk mendapatkan tunjangan profesi serta tunjangan kinerja.

 

2. Terbebas dari PHK

Menariknya menjadi PNS adalah profesi ini bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). 
PNS bebas dari PHK karena perannya dalam melayani masyarakat akan terus dibutuhkan, terlepas dari krisis ekonomi apapun.

Dalam kasus-kasus tertentu yang mendesak, sebuah kementerian atau lembaga non negara yang dibentuk pemerintah bisa saja dibubarkan karena kebijakan pemerintah. Namun, walaupun hal tersebut terjadi, para PNS yang bekerja di lembaga itu akan dipindahkan ke lembaga lain yang masih beroperasi dengan baik.

Terkecuali jika Anda tersangkut pidana, maka seorang PNS dicabut jabatannya. Selain itu, pencabutan status PNS juga dilakukan apabila seorang PNS terjun ke bidang politik, seperti mengajukan diri sebagai kepala negara, kepala daerah, menjadi perwakilan DPR/DPD, atau bergabung partai politik.

 

‍3. Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Keuntungan ini menjadi yang paling dicari masyarakat ketika menjadi PNS. Kelangsungan hidup para PNS secara ekonomi saat PNS tersebut memasuki masa pensiun. 

Meskipun sudah tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah tetap akan memberikan gaji bulanan bagi para pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan undang-undang.  Bahkan, istri pensiunan PNS laki-laki tetap akan mendapatkan dana pensiun dari suaminya setelah suaminya meninggal. 

 

4. Jenjang Karier yang Jelas

Selain itu, PNS juga memiliki jenjang karir yang jelas, karena diatur oleh negara dalam perundang-undangan.  Peningkatan jabatan tentunya akan meningkatkan gaji, tunjangan, dan fasilitas juga, sehingga kehidupan para PNS sangatlah terjamin.

 

5. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan menjadi PNS yang menarik adalah kesempatan untuk mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas.  Fasilitas ini akan sangat memudahkan mobilitas dan kesejahteraan seseorang. 

Tentunya, untuk mendapatkan itu, tidak semua PNS dapat. Hanya sebagian PNS saja yang berprestasi dan memiliki jabatan strategis.

 

Program Bimbel Akses

 

 

 

Join Now

 

‍6. Kemudahan Mengajukan Pinjaman ke Bank

Melalui surat pengangkatan, Anda akan mudah mengajukan pinjaman ke bank. Apabila seorang PNS memerlukan uang cash yang cukup banyak, seperti untuk membeli atau memperbaiki rumah, menyekolahkan anak, atau keperluan lainnya, PNS tersebut bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan miliknya, yang disebut SK PNS, ke bank. 

Dengan begitu, cicilan dari uang pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya.

 

‍7. Kesempatan Meniti Karier Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan

Lulus ingin meniti karier yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari, profesi PNS akan menjadi profesi yang cocok. Sampai saat ini, salah satu hal yang dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan PNS secara ketat adalah latar belakang pendidikan. 

Apabila kualifikasi seseorang tidak sesuai dengan formasi dan kualifikasi yang dibutuhkan, maka aplikasi seseorang terhadap posisi tersebut secara otomatis gugur.

 

‍8. Kemudahan Melanjutkan Pendidikan

Bagi yang ingin menjadi PNS, maka bisa melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, maka keputusan untuk menjadi PNS adalah keputusan yang tepat. Kesempatan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang selanjutnya sangatlah tinggi untuk para PNS, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Tentunya kesempatan ini disertai dengan beberapa syarat, salah satunya adalah Dik Lulus harus sudah bekerja di posisi Dik Lulus selama dua tahun dan harus mendapatkan izin dari pimpinan. Selain pendidikan formal, seorang PNS juga bisa menimba lebih banyak ilmu lewat berbagai acara, seperti seminar, diklat, dan acara pelatihan lainnya. 

Tak perlu khawatir tentang biayanya, karena lembaga atau instansi tempat PNS itu bekerja akan membiayai.

 

‍9. Kemudahan Dalam Berpindah Instansi atau Lokasi

Apabila dalam perjalanan kariernya seorang PNS menginginkan untuk mengabdi pada instansi lain atau berpindah lokasi, PNS tersebut tidak perlu khawatir akan pemberhentian kerja. Pasalnya, tak seperti karyawan swasta, sebagai PNS, PNS akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri. 

Hal yang sama juga berlaku apabila seorang PNS memiliki rencana untuk berpindah lokasi. Memang proses pindah instansi atau pemindahan lokasi penugasan cukup memakan waktu dan memerlukan banyak dokumen, namun hal ini sangat umum terjadi.

 

‍10. Jam Kerja yang Pasti

Terakhir, jam kerja yang pasti memungkinkan seorang PNS untuk memiliki usaha sampingan. Umumnya, jam operasional masing-masing instansi, namun secara umum para PNS bekerja dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00. 

PNS juga memiliki jam kerja yang sudah pasti, yaitu hari Senin sampai Jumat.   Kemungkinan lembur sangatlah kecil, sehingga seorang PNS umumnya memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, seperti membuka usaha sampingan.

 


Nah sobat Akses sekarang sudah tahukan 10 Keuntungan Berkarir Jadi PNS. Siapa nih diantara kalian yang bercita-cita menjadi seorang PNS persiapan yang matang merupakan kunci sukses untuk bisa lolos menjadi seorang PNS. Lalu bagaimana sih cara jitu mempersiapkannya ?.

 

 

Caranya kamu bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.
2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNSASN PPPK.
3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.
4. Pengajar sangat berkompeten.
5. Fasilitas & sarana super lengkap

Nah itu beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

Konsultasi mengenai CASN PPPK bersama education consultant bimbel akseschat disini.

 

Salam Sukses !

 

Referensi :

- https://obligasi.id/10-keuntungan-berkarier-menjadi-pns-nomor-3-paling-diburu-228743.html

Subscribes Channel Youtube Kami