8 Kategori Guru Honorer Tanpa Tes Pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Bimbel Akses Bimbel Akses • 24 June 2022

8 Kategori Guru Honorer Tanpa Tes Pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Simak 8 Kategori Honorer Tanpa Tes Seleksi PPPK Guru 2022

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) pastinya menjadi impian para pegawai honorer khususnya guru di Indonesia, Karena menjadi seorang ASN adalah suatu kebanggaan tersendiri karena bisa mengabdi kepada Negara Indonesia kita tercinta dengan kesejahteraan yang di jamin oleh pemerintah.

 

Saat ini pemerintah mengkategorikan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi 2 kategori yaitu ASN PNS dan ASN PPPK yang keduanya merupakan pegawai pemerintah yang sama-sama berstatus ASN. Namun tentunya tidaklah mudah untuk menjadi seorang ASN dikarenakan harus melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat dan kompetitif di setiap tahunnya. Namun pada tahun 2022 ini pemerintah hanya memfokuskan pada penerimaan CASN PPPK saja salah satu yang terbanyak adalah PPPK guru.

 

Di rangkum dari pikiran-rakyat.com rekrutmen PPPK guru tahun 2022 sangat dinantikan oleh tenaga pendidik terutama para guru honorer.  Pasalnya ada 8 kategori guru honorer yang bisa mengikuti seleksi PPPK tersebut tanpa harus tes. Informasi ini tentu sudah sangat dinanti-nanti oleh seluruh guru honorer.

 

 

Guru honorer juga harus mencermati informasi ini yang sesuai dengan Permen PANRB No.20 tahun 2022, sebagaimana isinya terkait Pengadaan PPPK Guru tahun 2022. Lalu apa saja 8 Kategori Guru Honorer Tanpa Tes Pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2022 tersebut ? 

 

di kutip dari pikiran-rakyat.com

 

8 Kategori Guru Honorer Tanpa Tes Pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2022 :

 

1. Guru THK-II

- Guru THK-II yang dimaksud adalah guru yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK guru tahap sebelumnya.

- Guru THK-II ini memang lulus passing grade, tetapi belum mendapatkan formasi sehingga dijadikan peserta prioritas 1 dalam PPPK guru tahap 3 mendatang sehingga tidak mengikuti tes lagi.

 

2. Guru di sekolah negeri

- Guru yang mengabdi di sekolah negeri juga akan mengikuti seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022 tanpa tes, tetapi dengan catatan guru tersebut lulus passing grade dan akan menjadi peserta prioritas 1 juga.

 

3. Guru di sekolah swasta

- Guru yang mengajar di sekolah swasta dengan ketentuan lulus passing grade dan juga belum mendapatkan formasi.

- Guru tersebut juga masuk dalam kategori peserta prioritas 1 dan hanya menggunakan hasil tes PPPK 2021 untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2022.

 

4. Guru lulusan PPG

- Guru lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang telah mengikuti seleksi PPPK tahun 2021 dan lulus passing grade juga masuk dalam kategori peserta prioritas 1.

 

Program Bimbel Akses

 

 

Join Now

 

5. Guru THK-II

- Guru THK-II yang belum mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2021 bisa menjadi peserta prioritas 2 dalam seleksi PPPK tahap 3 tahun 2022.

- Berdasarkan peraturan yang ada, guru THK-II tersebut hanya mengikuti tes kompetensi yang terdiri dari kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang.

- Kemudian akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kemdikbud Ristek.

 

6. Guru THK-II Belum Lulus Passing Grade

- Guru THK-II yang dinyatakan belum lulus passing grade pada seleksi PPPK tahun 2021 maka masuk dalam kategori peserta prioritas 2.

- Guru ini hanya mengikuti tes kompetensi yang terdiri atas kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang yang selanjutnya juga akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kemdikbud Ristek.

 

7. Guru non ASN yang mengabdi di sekolah negeri dan sudah terdaftar di Dapodik lebih dari 3 tahun, tetapi belum mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2021 yang lalu.

Maka peserta ini akan masuk dalam kategori peserta prioritas 3 dan akan mengikuti seleksi yang sama dengan peserta prioritas 2.

 

8. Guru non ASN yang mengabdi di sekolah negeri dan sudah terdaftar di Dapodik lebih dari 3 tahun tetapi belum lulus passing grade.

Sama dengan ketentuan sebelumnya, bahwa guru ini akan menjadi peserta prioritas 3 dengan jenis seleksi yang sama juga dengan peserta prioritas 2.

 


Nah sobat Akses sekarang sudah tahukan 8 Kategori Guru Honorer Tanpa Tes Pada Seleksi PPPK Guru Tahun 2022 sesuai Permen PANRB No. 20 tahun 2022. persiapan yang matang merupakan kunci sukses untuk bisa lolos menjadi seorang ASN PPPK Guru. Lalu bagaimana sih cara jitu mempersiapkannya ?.

 

Caranya kamu bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

 

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.
2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNSASN PPPK.
3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.
4. Pengajar sangat berkompeten.
5. Fasilitas & sarana super lengkap

Nah itu beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

Konsultasi mengenai CASN PPPK bersama education consultant bimbel akseschat disini.

Salam Sukses !

 

Referensi :

- https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1114756259/cermati-inilah-8-kategori-guru-honorer-yang-tanpa-tes-pada-seleksi-pppk-guru-tahap-3-tahun-2022

Subscribes Channel Youtube Kami