Berbeda dengan CPNS, Ketahui Materi Ujian PPPK 2022 dan Bobotnya

Bimbel Akses Bimbel Akses • 11 November 2022

Berbeda dengan CPNS, Ketahui Materi Ujian PPPK 2022 dan Bobotnya

bimbelcpns.com Halo Sobat Akses dan para pejuang CPNS PPPK, Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2022 telah dibuka sejak 31 Oktober 2022 dan akan ditutup pada 13 November 2022. Para pelamar yang mendaftar PPPK Guru 2022 ini akan melalui beberapa seleksi.  Perlu diketahui para pelamar PPPK Guru 2022, bahwa materi ujian PPPK terdiri dari 4 macam, yaitu seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara. Rencana ujian seleksi PPPK Guru ini rencananya akan dilaksanakan di bulan November-Desember 2022. Dalam pelaksanaan PPPK Guru 2022 ini ada pelamar yang menjadi prioritas. Kategori pelamar dalam seleksi rekrutmen Guru PPPK Kemdikbud Ristek tahun 2022 yakni:

 

Pelamar prioritas PPPK Guru 2022 

 

1. Pelamar Prioritas I 

Pelamar Prioritas 1 merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi Nilai Ambang Batas. Pemenuhan kebutuhan guru dari kategori pelamar prioritas I dilakukan berdasarkan urutan sebagai berikut. 

 

  • THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021. 
  • Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021. 
  • Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021. Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021. 

 

2. Pelamar Prioritas II 

Pelamar prioritas II merupakan THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I. 

 

 

3. Pelamar Prioritas III

Pelamar prioritas III merupakan Guru non-ASN yang tidak termasuk dalam Guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara dengan 6 semester pada Dapodik.

 

4. Pelamar Umum 

Pelamar umum terdiri atas : 

  • Lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek; dan 
  • Pelamar yang terdaftar di Dapodik. 

 

Pada pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2022, ujian seleksi dilaksanakan bagi Guru Honorer negeri terdaftar di Dapodik dengan masa kerja kurang dari 3 tahun. Guru swasta dapat mengikuti ujian seleksi. Jika lulus akan ditempatkan pada satuan pendidikan negeri yang kekurangan guru. Sedangkan bagi individu yang tidak terdaftar di Dapodik namun ingin mengikuti ujian seleksi Guru ASN PPPK, diwajibkan memiliki sertifikat pendidik. 

 

Ujian PPPK berbeda dengan ujian CPNS Ujian PPPK 

berbeda dengan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) karena tidak ada seleksi kompetensi dasar. Hanya seleksi kompetensi bidang/teknis. Untuk peserta yang sudah tersertifikasi, tetap ikut semua tes. Jika berkas lengkap, nilai tes kompetensi teknis penuh. Kecuali berkas bermasalah, maka nilai tes kompetensi teknis digunakan. Selain itu juga tetap harus lulus passing grade manajerial dan sosio-kultural.

 

4 Materi ujian PPPK Guru 2022 

Berikut materi ujian PPPK Guru 2022, banyaknya soal, waktu hingga bobot untuk masing-masing materi ujian PPPK Guru 2022:

 

1. Kompetensi teknis (sesuai mata pelajaran): 

  • Butir soal: 80-100 
  • Waktu: 120 menit 
  • Bobot: 60 persen

2. Manajerial: 

  • Butir soal: 30 
  • Waktu: 25 menit 
  • Bobot: 40 persen

 3. Sosio-kultural: 

  • Butir soal: 20 
  • Waktu: 15 menit 
  • Bobot: 40 persen 

4. Pertanyaan wawancara (dijawab secara tertulis): 

  • Butir soal: 10 
  • Waktu: 10 menit 
  • Bobot: 40 persen

 

 

Nah, Demikian materi ujian PPPK Guru 2022 yang perlu dipersiapkan para pelamar. Segera selesaikan proses pendaftaran PPPK Guru 2022 sebelum tanggal 13 November dan bisa lolos seleksi.


 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

 

Nah itu beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

 

 

 

Refrensi  : 

 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/08/060700271/berbeda-dengan-cpns-ketahui-materi-ujian-pppk-2022-dan-bobotnya

Subscribes Channel Youtube Kami