Berikut Alasan Seleksi CPNS 2024 Dilakukan Sebanyak 3 Kali

Bimbel Akses Bimbel Akses • 10 February 2024

Berikut Alasan Seleksi CPNS 2024 Dilakukan Sebanyak 3 Kali

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan alasan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 dilakukan sampai tiga kali sepanjang tahun ini.


Plt Kepala Biro Humas BKN Nanang Subandi mengatakan gelombang seleksi itu dilakukan karena jumlah formasi yang dibuka sangat banyak. "Jadi memang tahun ini karena jumlahnya signifikan kami coba menggunakan skema 3 periode," kata Nanang di Instagram BKN, dikutip Jumat (18/1/2024).


Nanang menegaskan bahwa 3 kali pembukaan seleksi ini bukan berarti para peserta harus lolos dalam 3 kali seleksi. Menurut dia, skema ini diterapkan karena kapasitas fasilitas komputer untuk melakukan tes terbatas. Sementara, jumlah pelamar diperkirakan akan mencapai 7 juta orang.


"Ini hanya pembagian karena kapasitas lab kami dengan jumlah pelamar yang estimasinya bisa sampai 7 jutaan," kata dia.




Sebelumnya, Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan seleksi periode pertama rencananya akan dilakukan pada pekan ke-3 Maret 2024. Seleksi gelombang pertama ini ditujukan untuk formasi CPNS dan sekolah kedinasan.


Dalam rapat dengan Komisi II DPR itu Haryomo juga menjelaskan gelombang kedua seleksi rencananya dibuka pada Juli 2024 yang ditujukan untuk formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara seleksi gelombang ketiga rencananya akan dibuka pada akhir Agustus yang ditujukan bagi formasi CPNS dan PPPK.


Pemerintah sendiri berencana membuka formasi untuk CASN pada 2024 mencapai 2,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, kebutuhan untuk CPNS mencapai 690.822 yang akan diutamakan bagi fresh graduate. Sementara sebanyak 1,6 juta dialokasikan untuk PPPK.


Untuk instansi pusat, pemerintah membutuhkan sebanyak 429.183 orang, dengan rincian 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Sedangkan formasi untuk instansi daerah sebanyak 1.867.333 dengan rincian 483.575 formasi untuk CPNS dan 1.383.758 formasi untuk PPPK. Ada pula formasi untuk sekolah kedinasan sebanyak 6.027 sekolah.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami


Referensi: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240119102811-4-507199/terungkap-ini-alasan-seleksi-cpns-2024-dilakukan-3-kali

Subscribes Channel Youtube Kami