Cek Daftar Instansi Pemerintah Buka Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA

Bimbel Akses Bimbel Akses • 09 April 2024

Cek Daftar Instansi Pemerintah Buka Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan kebijakan yang lebih inklusif.

Tak hanya untuk lulusan sarjana, seleksi CPNS tahun ini juga terbuka bagi lulusan SMA sederajat.


Sebanyak 9 instansi kementerian akan membuka formasi untuk lulusan SMA, menandakan upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk bergabung dalam layanan publik.


Selain lulusan SMA, formasi juga akan dibuka untuk lulusan SMK sederajat, menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mengakomodasi berbagai latar belakang pendidikan.

Tujuan dari seleksi CPNS tahun ini adalah untuk mengincar talenta-talenta muda yang dapat mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis digital yang merata di seluruh Indonesia.


Dilansir  dari laman Serambinews.com, inilah daftar instansi yang membuka formasi CPNS 2024 bagi lulusan SMA/SMK Sederajat:



1. Badan Intelijen Negara (BIN)
Intelijen Negara membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat untuk bergabung sebagai asisten penata kelola intelijen.


Pada tahun lalu, terungkap bahwa lembaga tersebut mengalokasikan kuota lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) khusus untuk formasi ini.


Kuota lowongan tersebut menawarkan peluang bagi generasi muda dengan latar belakang pendidikan menengah atas untuk terlibat langsung dalam penyelenggaraan tugas-tugas intelijen negara.


Formasi yang dibuka adalah sebagai asisten penata kelola intelijen, suatu posisi yang memegang peran penting dalam pengumpulan dan analisis informasi.


2. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia telah mengumumkan pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi putra-putri lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Luar Biasa Tingkat Atas (SLTA) pada tahun 2023.


Pengumuman tersebut menarik perhatian masyarakat luas, terutama para pelajar dan lulusan SMA/SLTA yang berminat untuk berkarier di sektor pelayanan publik.


Posisi yang ditawarkan dalam lowongan tersebut meliputi berbagai bidang, termasuk penjaga tahanan.


Untuk mendaftar, para calon pelamar diharapkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kementerian, termasuk kriteria pendidikan, kesehatan, serta kemampuan lain yang relevan dengan posisi yang dilamar.


Proses seleksi akan meliputi berbagai tahap, mulai dari seleksi administrasi hingga uji kompetensi dan wawancara.


3. Kejaksaan Agung

Instansi Pemerintahan Kejaksaan Agung yang membutuhkan lulusan SMA sederajat untuk mengisi beberapa posisi pada tahun lalu mencerminkan upaya untuk memperluas kesempatan kerja bagi para lulusan SMA yang ingin terlibat dalam layanan publik.

Pada tahun lalu, Kejaksaan Agung mengumumkan bahwa mereka membuka formasi untuk posisi penjaga tahanan dan pengelola penanganan perkara yang dapat diisi oleh lulusan SMA sederajat.


4. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah mengumumkan pembukaan sejumlah formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun sebelumnya.


Salah satu posisi yang tersedia adalah untuk petugas lapangan keluarga berencana yang akan disebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia.


Para calon yang berminat untuk mengisi posisi ini diharapkan memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya-upaya pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan serta peningkatan kesejahteraan keluarga.


Mereka juga diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang kesehatan reproduksi serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.


Pendaftaran untuk posisi petugas lapangan keluarga berencana ini akan dibuka dalam waktu dekat dan akan dilakukan secara online melalui portal resmi BKKBN.


5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM)

Di tahun lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) memberikan kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk bergabung melalui lowongan pekerjaan dalam bidang tenaga teknis.


Posisi yang tersedia adalah pengamat gunung api dan penguji mutu barang yang tersebar di beberapa daerah.

Lowongan tersebut memberikan peluang bagi para lulusan SMA/SMK untuk terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan penelitian dan pengamatan gunung api serta pengujian mutu barang.


Melalui posisi tersebut, para kandidat dapat berkontribusi dalam memantau aktivitas gunung api serta menjaga kualitas barang yang beredar di masyarakat.


6. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Pada tahun 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan kebutuhan mendesak akan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk mengisi posisi asisten teknisi siaran dan asisten pranata siaran di seluruh stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) yang tersebar di seluruh Indonesia.


Perekrutan ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur dan sumber daya manusia di sektor penyiaran nasional, khususnya di lingkungan RRI yang menjadi salah satu pilar utama dalam menyebarkan informasi dan hiburan kepada masyarakat.


Kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini mencakup lulusan SMA atau sederajat dari berbagai latar belakang pendidikan.Di samping itu, kandidat diharapkan memiliki minat dan pengetahuan yang kuat terkait bidang teknis dan siaran.


Keterampilan komunikasi yang baik serta kemampuan bekerja dalam tim juga menjadi nilai tambah bagi para pelamar.Rekrutmen besar-besaran ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan kerja kepada lulusan SMA dan sederajat serta memperkuat sektor penyiaran nasional.


7. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah mengumumkan pembukaan sejumlah formasi yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya untuk lulusan SMA/SMK pada tahun lalu.



Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan peluang kerja kepada para lulusan sekolah menengah dan memperluas akses tenaga kerja di sektor infrastruktur.


Salah satu posisi yang dibuka adalah penata laksana jalan dan jembatan pemula. Posisi ini memberikan kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK untuk terjun langsung ke dalam dunia konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan di berbagai wilayah di Indonesia.


8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan)

Pada tahun 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka sejumlah posisi untuk lulusan SMA sederajat, memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk memulai karir mereka di sektor perikanan dan kelautan.


Dalam upaya memperkuat sektor ini, Kementerian telah mengidentifikasi beberapa jabatan pemula yang menjadi fokus dalam penerimaan ini, di antaranya adalah teknisi akuakultur dan teknisi kesehatan ikan.


Posisi teknisi akuakultur menjadi salah satu yang ditawarkan, menunjukkan kepentingan Kementerian dalam mengembangkan potensi akuakultur di Indonesia.

Akuakultur, yang merupakan praktik budidaya organisme air seperti ikan, kerang, dan udang, telah menjadi salah satu sektor utama dalam industri perikanan.


9. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Tahun lalu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merencanakan untuk mengisi sejumlah posisi dengan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), salah satunya adalah sebagai penguji mutu barang.


Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam sektor industri.

Tidak hanya Kemenperin, tetapi sejumlah instansi kementerian dan non-kementerian juga membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau SMK sederajat.

Itu dia instansi pemerintah yang membuka lowongan bagi kalian para lulusan SMA/SMK. Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://health.tribunnews.com/2024/04/08/9-instansi-pemerintah-buka-formasi-cpns-2024-untuk-lulusan-sma-sederajat-inilah-daftar-lengkapnya

Subscribes Channel Youtube Kami