Fakta-fakta Seputar Pendaftaran CASN 2024, Dijamin Tidak Ada ‘Orang Dalam’

Bimbel Akses Bimbel Akses • 20 January 2024

Fakta-fakta Seputar Pendaftaran CASN 2024, Dijamin Tidak Ada ‘Orang Dalam’

Pada penerimaan ASN tahun 2023 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan ada sebanyak 554.421 peserta yang gugur atau tidak lolos pada seleksi berkas.


Pelamar ASN yang telah lolos seleksi berkas hingga bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi CPNS ada sebanyak 725.589 orang dan untuk formasi PPPK sebanyak 1.128.028 pelamar.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan tahun 2024 nanti pendaftaran ASN akan dibuka banyak untuk formasi fresh graduate atau lulusan baru. Dia juga memastikan proses seleksi transparan dan bersih dari orang dalam. Berikut fakta-faktanya.





Formasi untuk Talenta Digital hingga Pariwisata


KemenPANRB menghitung jumlah kebutuhan ASN untuk 2024 mencapai 1,3 juta. Azwar Anas belum menghitung berapa persentase khusus untuk para lulusan baru, tapi dia memastikan formasi yang dibuka lebih banyak dari 2023.


Contoh sektor yang akan membuka seleksi CPNS untuk lulusan baru adalah di sektor pariwisata. Kata dia, ada 5 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia yang masih memerlukan tambahan SDM.


"Begitu juga cyber security, selama ini kita ngomong digital tapi pengamanan datanya tidak diurus. Maka penambahan untuk pengamanan data di BSSN yang anak-anak sekolah di cyber security, ke depan akan kita tampung, masukan di sini," kata Azwar.


Proses Seleksi Bersih dari Orang Dalam


Azwar Anas menegaskan tidak ada praktik 'orang dalam' selama proses penerimaan ASN. Bahkan dia mencontohkan beberapa anak tokoh di Indonesia yang gagal menjadi saat pendaftaran.


"Putranya Pak Kepala BKN saja, tiga kali tes nggak lolos. Bahkan putrinya Bapak Presiden Jokowi juga tes, tidak lolos. Artinya, percaya lah kepada apa yang Anda kerjakan, jangan percaya kepada orang lain," tegas dia.


Pemerintah menginginkan birokrasi kelas dunia, untuk itu Azwar Anas menegaskan seleksi ASN ini dilakukan transparan dan terbuka.


"Saya kira dipastikan tidak ada istilah 'orang dalam' di dalam proses seleksi ini," tegasnya.


554.421 Peserta Gagal Seleksi Berkas


Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan ada sebanyak 554.421 peserta yang gugur atau tidak lolos pada seleksi berkas pendaftaran ASN tahun 2023 ini.


Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto merinci jumlah pendaftar yang sudah membuat akun namun belum menyelesaikan proses submit pemberkasan sebetulnya mencapai 2.944.856 orang, tapi peserta yang menyelesaikan input dokumen hingga lolos seleksi administrasi hanya 1.853.617 pelamar.


Pelamar ASN yang telah lolos seleksi berkas hingga bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) per hari ini, Kamis (9/11), untuk formasi CPNS ada 725.589 orang dan untuk formasi PPPK sebanyak 1.128.028 pelamar.


"Formasi PPPK untuk guru 426.776, nakes 328.219, untuk teknis 373.033 orang. Sementara dari jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat 555.421 orang," kata Haryomo di Kantor BKN, Kamis (9/11)




Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Daftar di sini


Referensi: https://kumparan.com/kumparanbisnis/fakta-fakta-pendaftaran-cpns-2024-segera-dibuka-dijamin-tak-ada-orang-dalam-21Y3ePhhUUM

Subscribes Channel Youtube Kami