Formasi CPNS 2023 Akan Dibuka, Lulusan Sajarna Ini yang Sangat Dibutuhkan !!

Bimbel Akses Bimbel Akses • 26 October 2022

Formasi CPNS 2023 Akan Dibuka, Lulusan Sajarna Ini yang Sangat Dibutuhkan !!

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses dan para pejuang CASN, CPNS 2023 segera dibuka! Ada beberapa formasi yang berpotensi tersedia dan butuh lulusan sarjana yang berasal dari jurusan tertentu. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di sini! Kabar seputar dibukanya formasi CPNS 2023 menjadi angin segar bagi masyarakat yang berminat dan sudah menunggu. Meskipun sampai saat ini belum diumumkan secara resmi tanggal dan bulan berapa akan dilaksanakan, CPNS 2023 telahdinyatakan akan dibuka.

 

Hal itu sebagaimana dikonfirmasi langsung oleh KemenPANRB melalui Aba Subagja selaku Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur, dalam Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (AKAPSI) bulan september 2022 lalu. Lantas untuk formasi yang berpotensi dibuka pada CPNS 2023 tersebut, dikutip dari www.ayoindonesia.com sarjana jurusan kuliah apa yang dapat mengisinya? Berikut keterangannya.

 


 

Formasi Guru

Sejak awal tahun 2022 pemerintah memang telah memfokuskan untuk memenuhi kebutuhan guru pada formasi ASN. Untuk mengisi formasi melalui seleksi CPNS 2023 maupun P3K tahun 2022, anda perlu mengenyam pendidikan formal di bidang studi pendidikan. Jurusan ini sangat berpeluang besar untuk bisa isi formasi ASN di tahun 2022 maupun di tahun 2023 mendatang.

 

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemendikbud, bahwa tahun 2022 terdapat 193.954 pelamar yang telah lulus passing grade tahun 2021 hanya 134.022 orang guru yang siap diangkat tahun 2022. Sisanya, 27.030 guru mendapat penempatan namun belum mendapatkan kuota formasi di tahun 2022 dan diharapkan dapat diangkat tahun 2023.


 

Formasi Agen Intelijen

Bukan hanya agen, formasi di bidang intelijen juga berpotensi dibuka pada CPNS 2023 untuk tenaga pada profesi lainnya yang bukan saja berasal dari pendidikan bidang intelijen yakni Ilmu Hukum. Selain Ilmu Hukum, bidang ini juga terbuka untuk pendaftar dari jurusan akuntansi, ekonomi, sosial, politik, ilmu pemerintahan, teknologi informasi atau kualifikasi pendidikan lainnya sesuai kebutuhan oleh Instansi Pembina.

 

Berdasarkan Peraturan MenPANRB Nomor 8 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Agen Intelijen, pasal 14 ayat 1 menerangkan bahwa pengangkatan Agen Intelijen dengan kualifikasi lulusan sarjana atau diploma


 

Formasi Jaksa

Untuk formasi Jaksa yang didasarkan pada kebutuhan ASN tahun 2021 lalu berjumlah 1000 formasi, berasal dari Jurusan S1 Ilmu Hukum. Selain jaksa terdapat formasi-formasi lainnya, seperti ahli pranata komputer yang berasal dari jurusan ilmu sistem informatika/komputer, sistem informasi. Seperti yang telah disebutkan, bahwa formasi jaksa berpotensi dibuka pada CPNS 2023 mendatang.


 

Formasi Hakim

Sementara untuk kebutuhan formasi Hakim, telah dijelaskan dalam Perma No. 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung No. 2 tahun 2017 tentang Pengadaan Hakim, yakni calon Hakim adalah PNS yang berasal dari Analis Perkara Peradilan tahun 2021.

 

Formasi Jabatan Fungsional Hanya Untuk CPNS

Terdapat 91 Formasi yang hanya bisa diisi oleh CPNS, berasal dari jurusan kuliah akuntasi, administrasi perkantoran, keuangan, teknik elektro, teknik digital forensik, dll. 


 

Nah, Itulah informasi seputar formasi yang berpotensi dibuka pada CPNS 2023 nanti dan sarjana lulusan dengan jurusan kuliah mana yang paling berpeluang besar mengisinya, Semoga informasi ini sangat membantu untuk kalian ya para pejuan CASN 




 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

 

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

Nah itu beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

 

Salam sukses !

 

 

 

Refrensi : 

https://www.ayoindonesia.com/nasional/pr-015326193/daftar-formasi-cpns-2023-yang-bakal-dibuka-lulusan-sarjana-ini-sangat-dibutuhkan

 

Subscribes Channel Youtube Kami