Formasi CPNS dan PPPK 2024 Kemendikbud, Kemenag, dan Kemenkes, Simak Informasinya!

Bimbel Akses Bimbel Akses • 03 April 2024

Formasi CPNS dan PPPK 2024 Kemendikbud, Kemenag, dan Kemenkes, Simak Informasinya!

KemenPAN RB mengumumkan jumlah formasi pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).




1. Formasi CPNS-PPPK Kemendikbudristek 2024

Pada tahun ini, Kemendikbudristek akan membuka total 40.541 formasi CPNS dan PPPK. Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK. 


Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan formasi tersebut menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.


"Selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda,” ujar Anas seusai bertemu Mendikbudristek Nadiem Makarim, Senin (1/4/2024).


Kemendikbudristek juga akan memenuhi kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen. 


Anas mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal, di sisi lain, jumlah mahasiswa terus meningkat.


Dia menambahkan, formasi CPNS dan PPPK Kemendikbudristek 2024 juga akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan SDM di Ibu Kota Nusantara (IKN).


2. Formasi CPNS-PPPK Kemenag 2024

Kemenag akan menyiapkan sebanyak 110.553 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024.

Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK dan tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.


Nantinya formasi tersebut untuk memenuhi tenaga guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital untuk layanan haji dan umroh, serta penempatan di IKN.


“Kami baru mendapatkan formasi yang luar biasa terbesar dalam sejarah. Kami sangat apresiasi kepada Pak MenPANRB, karena formasi 110.553 ini pasti akan sangat membantu kami,” tutur Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (1/4).


Yaqut mengungkapkan alasan mengajukan formasi yang besar di tahun 2024, salah satunya karena banyaknya pegawai Kemenag yang akan memasuki usia pensiun.


3. Formasi CPNS-PPPK Kemenkes 2024

Sementara Kemenkes akan membuka 23.200 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Formasi itu terdiri atas 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.


Besarnya jumlah formasi yang disetujui diharapkan akan berdampak pada peningkatan kualitas serta pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia.


"Usulan ASN 2024 dari Kemenkes sebanyak 23.200 kita setujui 100 persen. Kami kemarin petang bertemu Pak Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk penyerahan formasi tersebut. Kementerian PANRB mendukung penuh upaya Kemenkes dalam upaya pemenuhan dan pemerataan SDM kesehatan di Tanah Air," ujar Anas di Jakarta, Selasa (2/4), dikutip dari laman resmi KemenPAN RB.


Nantinya formasi tersebut akan dialokasikan untuk pemenuhan SDM kesehatan yang juga tersebar di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Secara khusus Anas juga menyampaikan skema insentif bagi tenaga kesehatan yang bertugas di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). 


Di samping itu, Kementerian PANRB memperhatikan pengadaan ASN Kemenkes yang akan ditempatkan di IKN. 


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sebanyak 1.000 formasi CPNS Kemenkes akan ditempatkan di IKN.


"Karena kebetulan kita bangun rumah sakit di IKN. Kebutuhan antara 800-1.000 posisi. Pak Menteri PANRB alokasikan dengan cukup," ujar Budi.


Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Refreansi: https://www.kompas.tv/amp/ekonomi/497475/terbaru-formasi-cpns-dan-pppk-2024-kemendikbud-kemenag-dan-kemenkes?page=2

Subscribes Channel Youtube Kami