Infomasi Resmi Update Terbaru 5 Mekanisme Perubahan CASN PPPK 2022

Bimbel Akses Bimbel Akses • 05 October 2022

Infomasi Resmi Update Terbaru 5 Mekanisme Perubahan CASN PPPK 2022

bimbelcpns.com Hallo sobat akses sekarng ada perubahan mekanisme seleksi PPPK Tahun 2022 sebagaimana dikutip dari naikpangkat.com yang telah disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam hal ini BKN menyampaikan lima keterangan terkait perubahan mekanisme seleksi PPPK 2022.

Perubahan mekanisme seleksi ini akan berdampak pada pelamar umum. Sementara, untuk pelamar prioritas akan tetap dalam posisi aman, bahkan ada kabar gembira.

Sebelumnya Pemerintah sudah merilis jadwal simulasi seleksi PPPK di Tahun 2022. Yang mana untuk pendaftaran dan pengumuman seleksi serta seleksi administrasinya akan dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2022, termasuk pembukaan akun SSCASN.

Bagi yang belum memiliki akun maka harus membuatnya terlebih dahulu, bagi yang sudah, maka tinggal login saja dan memperbaharui data-data yang ada.

 

 

Terkait dengan perubahan mekanisme seleksi PPPK Tahun 2022, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan mengenai perubahan tersebut.

1. Perubahan Mekanisme Seleksi PPPK 2022

Bima mengatakan, alasan perubahan mekanisme seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 lantaran sempitnya waktu pelaksanaan seleksi, sehingga pemerintah harus menentukan skala prioritas.

2. Seleksi PPPK 2022 Bersifat Tertutup

Bima menyampaikan seleksi PPPK 2022 dibuat tertutup. Artinya, hanya honorer dan formasi tertentu yang bisa mendaftar.

“Tahun ini, kami memprioritaskan dulu seleksi PPPK untuk menyelesaikan honorer, terutama formasi guru dan tenaga kesehatan (nakes),” kata Bima.

3. Peserta Seleksi PPPK 2022

Formasi guru PPPK, seleksi tahap 3 yang akan dilaksanakan tahun ini. Pesertanya ialah guru lulus passing grade (PG) baik dari honorer K2, guru honorer negeri, lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan guru swasta.

Juga guru honorer K2 dan guru non-ASN di sekolah negeri dengan masa pengabdian minimal 3 tahun, terdata di Dapodik. Mereka itu guru honorer yang tidak lulus PG seleksi PPPK 2021 dan belum ikut tes.

4. Pelamar Umum Formasi Guru PPPK Tes Kompetensi 2023

Bagaimana dengan pelamar umum, yaitu guru honorer negeri terdaftar di Dapodik kurang dari 3 tahun, lulusan PPG, dan guru honorer swasta?

Bima menyampaikan mereka akan dites kompetensi pada 2023. Tahun ini mereka hanya bisa mendaftar dan menjalani seleksi administrasi. “Jadi, untuk pelamar umum formasi guru, tahun ini belum dites kompetensi karena waktunya tidak cukup,” ujarnya.

“Intinya untuk pelamar umum tes kompetensi dilaksanakan tahun depan. Tahun ini hanya seleksi administrasi,” kata Bima.

5. Formasi Nakes Hanya 91 Ribu

Bima menyebutkan untuk honorer nakes tahun ini disiapkan kuota 91 ribu, padahal jumlah tenaga non-ASN sekitar 277 ribu. Kementerian Kesehatan menyatakan sebanyak 51 ribuan honorer nakes bekerja di unit esensial. BKN berharap 51 ribuan itu bisa terakomodasi seluruhnya di PPPK 2022.

“Kemenkes menyampaikan dari 91 ribu kuota yang ditetapkan Pak MenPAN-RB Azwar Anas, hanya 21 ribuan yang menduduki unit esensial. Kami berharap Pemda mengusulkan formasi 51 ribuan itu,” terang Bima.

Seleksi PPPK untuk nakes diprioritaskan honorer nakes di unit-unit kerja esensial. Sementara itu, pada Rabu (28/9/2022) BKN melalui Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Admin Sistem Seleksi SSCASN Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan 56 instansi pusat sebagai persiapan seleksi CASN 2022 setelah KemenPAN-RB mengeluarkan formasi PPPK 2022.

 

Demikian informasi terkait perubahan mekanisme seleksi PPPK 2022 yang diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

 

Nah itu beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

Referensi :

 

https://naikpangkat.com/penjelasan-panselnas-tentang-seleksi-pppk-2022-ada-honorer-prioritas-mekanisme-berubah/

 

Subscribes Channel Youtube Kami