Jumlah Formasi Tenaga Teknis PPPK 2024 Empat Kali Jatah Guru Honorer

Bimbel Akses Bimbel Akses • 19 February 2024

Jumlah Formasi Tenaga Teknis PPPK 2024 Empat Kali Jatah Guru Honorer

Jumlah formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024 yang disiapkan pemerintah lumayan banyak, yakni mencapai 2.302.543. Jumlah tersebut dibagi untuk instansi pusat sebanyak 429.183 formasi. Perinciannya, 207.247 formasi CPNS 2024 dan 221.936 formasi PPPK 2024. Instansi Daerah atau pemda dijatah sebanyak 1.867.333 formasi, terdiri dari 483.575 lowongan CPNS dan 1.383.758 PPPK.


Namun, jumlah formasi CASN 2024 sebanyak 2,3 juta tersebut baru sebatas lowongan yang disediakan pemerintah. Bukan jumlah formasi CPNS dan PPPK 2024 yang sudah ditetapkan. Jumlah formasi masing-masing instansi yang akan ditetapkan tergantung dari jumlah usulan masing-masing instansi pusat dan daerah. Terkait dengan seleksi CASN 2024, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengusulkan 800 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.


"Usulan formasi tersebut sudah kita sampaikan ke Kemenpan-RB," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara di Tanjungpinang, Sabtu (10/2). Sekda menyampaikan 800 formasi ini terdiri dari PPPK tenaga teknis sebanyak 600 formasi, tenaga guru 150 formasi, dan tenaga kesehatan 50 formasi.




Dengan kata lain, jumlah formasi PPPK tenaga teknis empat kali lebih banyak dari formasi guru.


Perlu diketahui juga, formasi PPPK 2024 sepenuhnya disediakan untuk pelamar dari jalur honorer. Ditegaskan bahwa usulan formasi PPPK tersebut masih belum final, karena keputusannya tetap ditentukan oleh pemerintah pusat. "Pemprov Kepri mengusulkan formasi PPPK sesuai kebutuhan di daerah," ujar Adi. Adi belum bisa memastikan kapan proses pelaksanaan seleksi PPPK 2024 dilaksanakan. 


Saat ini pihaknya masih menunggu kabar lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait usulan formasi yang sudah disampaikan tersebut. "Kita (Pemprov Kepri) menunggu balasan surat dari Kemenpan-RB tentang persetujuan kuota PPPK tahun ini," kata Sekda Adi. Pada kesempatan yang sama, Adi mengatakan bahwa pembiayaan atau gaji PPPK dibebankan kepada pemerintah daerah.


PPPK akan dikontrak dengan perjanjian kerja selama lima tahun dan kemungkinan bisa diperpanjang.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami



Referensi: https://www.jpnn.com/news/jumlah-formasi-tenaga-teknis-pppk-2024-empat-kali-jatah-guru-honorer

Subscribes Channel Youtube Kami