Menpan RB: Fresh Graduate yang Lolos Seleksi CASN 2024 Sebagian Bakal Langsung ke IKN

Bimbel Akses Bimbel Akses • 12 January 2024

Menpan RB: Fresh Graduate yang Lolos Seleksi CASN 2024 Sebagian Bakal Langsung ke IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan fresh graduate yang direkrut pada rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 sebagian bisa langsung bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Azwar Anas, menyebut, ASN yang direkrut khususnya talenta digital, sebagian akan langsung dikirim untuk bekerja di IKN Nusantara. "Talenta digital untuk ASN akan dikirim ke sana (IKN Nusantara) sebagian," ujar Azwar Anas dalam keterangannya di Kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan pada Senin, 8 Januari 2024.


Meski demikian, Azwar Anas belum bisa menyebutkan jumlah pasti ASN yang direkrut dari CASN 2024 yang akan dikirim ke IKN Nusantara. Saat ini,Kemenpan RB masih menunggu usulan formasi dari IKN Nusantara sesuai dengan kebutuhannya.




"Nah kan masih nunggu (usulan). Kami ini umumin yang lain usulin. IKN butuh berapa, pemerintah daerah, kementerian ini berapa. Kita kan enggak bisa langsung kirim (ke IKN)," katanya.


Azwar Anas memastikan, formasi yang dibuka bakal sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga. "Jangan-jangan besok kami siapkan 690 ribu (formasi) yang usul cuma 400 ribu. Tapi kami udah hitung ini, kita petakan. Dari 690 itu kaya kemarin belum tentu terpenuhi semua. Tes tidak memenuhi syarat dan sebagainya," ucap Azwar Anas.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan total jumlah ASN yang akan direkrut pada 2024 mencapai 2,3 juta formasi. Jokowi menyebut, ASN kini disiapkan untuk menghadapi disrupsi teknologi yang semakin pesat.


"Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu," ujar Jokowi dalam keterangan resmi pada Jumat malam, 5 Januari 2024.


Instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.


Sementara formasi instansi daerah sebesar 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis.


Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, tahun ini pemerintah membuka 6.027 formasi. Formasi instansi daerah lebih besar daripada di instansi pusat karena komposisi ASN memang lebih banyak di daerah.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Daftar di sini


Referensi: https://bisnis.tempo.co/read/1818742/menpan-rb-fresh-graduate-yang-lolos-seleksi-casn-2024-sebagian-bakal-langsung-ke-ikn 

Subscribes Channel Youtube Kami