Menpan RB: Tenaga Honorer yang Tak Lolos Seleksi CASN 2024 Bisa Diangkat Jadi PPPK Paruh Waktu

Bimbel Akses Bimbel Akses • 23 January 2024

Menpan RB: Tenaga Honorer yang Tak Lolos Seleksi CASN 2024 Bisa Diangkat Jadi PPPK Paruh Waktu

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut, Kemenpan RB akan memprioritaskan penataan tenaga non-ASN atau honorer pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2024. Azwar Anas menyebut, nantinya jika tenaga honorer tak lolos seleksi CASN 2024 tetap dapat diangkat menjadi PPPK paruh waktu.


Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara atau BKN, jumlah tenaga honorer 2.355.092. Tenaga honorer yang telah lulus seleksi dan diangkat menjadi ASN 570.504 orang, dengan rincian 2,676 CPNS dan 567.828 PPPK. Maka, total tenaga honorer yang belum terserap menjadi ASN sebanyak 1.784.588 orang.




Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), penataan tenaga honorer wajib diselesaikan paling lambat Desember 2024. Azwar Anas menyebut, untuk menyelesaikan penataan tenaga honorer, Kemenpan RB membuka formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) besar-besaran pada seleksi CASN 2024, yaitu mencapai 1,6 juta formasi.


“Kebijakan penataan honorer akan terus dilakukan sesuai arahan Presiden Jokowi. Salah satunya melalui jalur rekrutmen sehingga para honorer diangkat menjadi ASN secara bertahap. Termasuk tahun ini juga digelar rekrutmen CASN yang di antaranya memberi ruang bagi para honorer,” ujar Azwar Anas dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 18 Januari 2024.


Nantinya, tenaga honorer yang lolos CASN 2024 akan langsung ditetapkan menjadi PPPK penuh waktu sesuai dengan kemampuan keuangan pada instansi pemerintah masing-masing. Sedangkan, tenaga honorer yang belum lulus CASN 2024 nantinya akan diangkat menjadi PPPK paruh waktu.


"Tenaga non-ASN bisa diangkat menjadi PPPK paruh waktu yang secara bertahap diangkat menjadi PPPK penuh waktu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan masing-masing instansi pemerintah," kata Azwar Anas.


Prinsipnya, kata Azwar Anas, sebagaimana telah disepakati bersama bahwa tidak terjadi pengurangan penghasilan, tidak terjadi PHK massal dan tidak terjadi penambahan beban anggaran. “Ketentuan mengenai mekanisme seleksi dan pengangkatan PPPK Paruh Waktu akan diatur lebih lanjut dalam peraturan Menteri,” ujarnya.


Sebagai informasi, rekrutmen ASN tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada Jumat, 5 Januari 2024 dengan total formasi 2,3 juta. Instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 orang yang terdiri atas 207.247 CPNS dan 221.936 bagi PPPK. Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.


Sementara formasi instansi daerah sebesar 1.867.333 orang yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196 orang serta 547.416 orang formasi untuk tenaga teknis.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses.




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.



Daftar di sini


Referensi: https://bisnis.tempo.co/read/1822815/menpan-rb-tenaga-honorer-yang-tak-lolos-seleksi-casn-2024-bisa-diangkat-jadi-pppk-paruh-waktu

Subscribes Channel Youtube Kami