Menteri Anas Mengumumkan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Cek Informasinya

Bimbel Akses Bimbel Akses • 05 May 2024

Menteri Anas Mengumumkan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Cek Informasinya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan perkembangan terbaru terkait jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024. 


Menurut Menteri Anas, proses seleksi CPNS di sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan Mei 2024, sementara pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 di seluruh Indonesia ditargetkan pada bulan Juni.


"Ditargetkan pendaftaran CASN dimulai Juni 2024," ujar Menteri Anas, mengutip keterangan resmi dari Humas KemenPAN-RB. 


Kementerian PANRB telah menyetujui 1,2 juta formasi CASN, dengan 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah. Ini merupakan tahap awal dari rencana pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN CPNS dan PPPK yang akan direkrut secara bertahap.


Menteri Anas menyatakan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Namun, terdapat 4 instansi yang masih harus melengkapi rincian formasi mereka.


"Kami berharap 4 instansi tersebut segera melengkapi rincian formasinya di sistem BKN. Salah satunya adalah instansi daerah yang tenggat pengisiannya sudah kita perpanjang. 


Setelah ini selesai 100 persen, kita dapat memulai pendaftaran CASN yang telah dinantikan oleh publik," jelas Anas.


Terkait tanggal pasti pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024, Anas menyatakan bahwa belum ada kepastian hingga saat ini. "Pengumuman tanggal pendaftaran oleh instansi, serta tahapan pendaftaran dan seleksi, masih bersifat dinamis mengikuti perkembangan, terutama terkait kecepatan dan ketepatan pengisian formasi oleh K/L dan Pemda. Ada kasus di mana Pemda mengisi rincian, namun setelah diverifikasi oleh BKN ternyata ada kesalahan, sehingga harus diperbaiki kembali," tambah Menteri Azwar Anas.



Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan Anas menjelaskan, untuk seleksi CPNS di sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan Mei 2024. Tahun ini Kementerian PANRB menetapkan persetujuan formasi pada 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi. Sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah: 

1. Politeknik Keuangan Negara STAN 

2. Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 

4. Politeknik Siber dan Sandi Negara 

5. Politeknik Statistika STIS

 6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan 

7. Politeknik Imigrasi

8. Sebanyak 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan 9. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG). 


“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” ungkap Menteri Anas.


“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” imbuh Anas.


Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://www.jpnn.com/news/menteri-anas-umumkan-jadwal-pendaftaran-cpns-2024-pppk-penting?page=4 

Subscribes Channel Youtube Kami