Menteri PAN-RB Sebut Pendaftaran CPNS Bisa Dibuka Mei, asal…

Bimbel Akses Bimbel Akses • 27 February 2024

Menteri PAN-RB Sebut Pendaftaran CPNS Bisa Dibuka Mei, asal…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2024 bisa dibuka pada Mei mendatang.

"Mei (CPNS) sudah bisa dibuka. Ini jauh lebih cepat karena biasanya September," ucap Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2034).


Namun, ia mengatakan hal itu itu baru bisa dilakukan setelah seluruh kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) merampungkan usulan formasi CASN yang dibutuhkan. Pasalnya, Kemenpan-RB sudah menargetkan hal itu tuntas terlaksana pada Maret 2024.


"Ini masalahnya kemarin ada beberapa K/L belum menuntaskan, targetnya semestinya Maret, Maret mestinya sudah selesai," bebernya.


Setelah proses pengajuan, Azwar mengatakan pemerintah bakal melakukan verifikasi terhadap formasi CPNS yang diajukan. Menurutnya, tahap verifikasi penting untuk dilakukan sebab pemerintah ingin mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.




Apalagi, sebanyak 225 ribu dari formasi tersebut, khususnya fresh graduate, diproyeksikan untuk bekerja di IKN Nusantara. Azwar mengaku pihaknya tidak ingin usulan yang diajukan tidak memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang memang diperlukan buat IKN.


Oleh sebab itu, Azwar menjelaskan pihaknya hingga kini terus berkolaborasi dengan lintas K/L untuk memastikan hal itu tercapai.


"Ini, kan, nanti persiapan PNS utk Ikn, jadi yg memang nanti punya kualifikasi bagus, kemudian memang tenaga kerja yang diperlukan untuk IKN. Kita khawatirkan yang diusulkan masih tenaga-tenaga teknis yang tidak terkait dengan peningkatan produktivitas kinerja birokrasi di IKN," imbuhnya.


"Sekarang sedang diverifikasi terus supaya antara yang diusulkan oleh K/L sesuai arahan presiden. Karena kalau nggak, nanti arahan presiden mestinya talenta digital dia tetap mengusulkan tenaga teknis. Sehingga nanti akan kita evaluasi terus. kita rapat terus, sosialisasi dengan K/L dengan para sekjen terkait talenta-talenta yang kita rekrut di rekrutmen ASN," pungkasnya.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami


Referensi: https://finance.detik.com/cpns/d-7212098/menteri-pan-rb-sebut-pendaftaran-cpns-bisa-dibuka-mei-asal

Subscribes Channel Youtube Kami