Mentri PanRB Tunggu Restu Sri Mulyani Soal Formasi CPNS 2023

Bimbel Akses Bimbel Akses • 09 April 2023

Mentri PanRB Tunggu Restu Sri Mulyani Soal Formasi CPNS 2023

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses Education Center dan pejuang CASN CASN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah mengajukan jumlah formasi yang dibutuhkan untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) periode 2023 ke Kementerian Keuangan. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, kebutuhan formasi yang telah ia ajukan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebanyak 1 juta lebih formasi. Kendati begitu ia tak merincikan apakah jumlah formasi itu hanya khusus CPNS atau termasuk PPPK.

"Untuk yang 2023 formasinya sedang diajukan ke Menkeu, sudah kita ajukan kurang lebih 1 juta," kata Anas saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Ia memastikan pembukaan rekrutmen pada tahun ini sudah pasti untuk total kebutuhan calon aparatur sipil negara (CASN), baik untuk rekrutmen status CPNS maupun PPPK. Namun, karena masih dalam tahap pengajuan formasi, ia belum bisa mengungkap tanggal pasti pembukaan rekrutmen diumumkan.

"Kalau jadwalnya kan sudah pasti (tahun ini). Proses yang 2022 kan terlambat, sekarang jalan, nanti untuk yang 2023 formasinya sedang diajukan," ungkap Anas.

Pada awal tahun ini, ia juga telah mengungkapkan bahwa rekrutmen CASN tersebut terbuka untuk umum. Namun yang melingkupi seleksi CPNS dilakukan secara selektif dan terbatas, sedangkan PPPK sesuai kebutuhan.

"Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan," ujar Anas.

 

 

 

 

Pemerintah kata dia turut memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya," tutur mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini.

Ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023, pertama adalah fokus pelayanan dasar; kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital; ketiga, merekrut CASN secara selektif; dan keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

"Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital. Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi," tegas Anas.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni sebelumnya juga telah mengatakan, untuk penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Dengan begitu, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023 pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK sudah bisa dimulai.

"Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi," ujar dia saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

 

Nah, Demikian informasi Mentri PanRB Tunggu Restu Sri Mulyani Soal Formasi CPNS 2023 yang bersumber dari laman cnbcindonesia.com

 

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

 

1. Berpengalaman selama 14 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

Klik Disini

 

 

Nah, Itulah beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023, daftar sekarang.

Konsultasi mengenai CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

 

Refrensi:

- https://www.cnbcindonesia.com/news/20230405162344-4-427645/menteri-panrb-tunggu-restu-sri-mulyani-soal-formasi-cpns-2023

Subscribes Channel Youtube Kami