Pemerintah Kaltim Membuka Formasi Khusus untuk ASN IKN Untuk Putra-Putri Berbakat

Bimbel Akses Bimbel Akses • 20 April 2024

Pemerintah Kaltim Membuka Formasi Khusus untuk ASN IKN Untuk Putra-Putri Berbakat

Pemerintah akan menyiapkan formasi khusus putra putri terbaik wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) yang termasuk dalam kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN). 


"Ini peluang besar termasuk bagi putra putri terbaik Kaimantan, khususnya Kalimantan Timur, untuk menjadi bagian dari sejarah penting Indonesia dengan mengabdi sebagai ASN di ibukota negara," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (18/4/2024). 



Anas menjelaskan, ada beberapa sumber pengisian kebutuhan ASN yang akan ditempatkan di IKN sebagai berikut: 

  • Pertama, ASN kementerian/lembaga yang pindah ke IKN 

  • Kedua, hasil rekrutmen CPNS (calon pegawai negeri sipil) khusus pada 2024 yang prosesnya sudah dimulai dengan perincian formasi 

  • Ketiga, mutasi beberapa pegawai ASN di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). 


"Memang di tiap kementerian/lembaga sekarang sedang didetilkan formasi CPNS khusus penempatan IKN. Misalnya yang sudah saya cek, di Kemenkes (Kementerian Kesehatan) dan Kemenag (Kementerian Agama) sudah dialokasikan sekian formasi khusus IKN dari total formasi rekrutmen yang ditetapkan tahun ini," jelas Anas. "Jadi sejak awal rekrutmen sudah jelas bahwa mereka akan ditempatkan di IKN," lanjut dia. 


Adapun arah kebijakan pengadaan calon ASN 2024 salah satunya mendukung efektivitas kerja IKN Nusantara. Rekrutmen CASN 2024 sebagian diarahkan untuk merekrut fresh graduate yang akan ditempatkan di IKN.


 "Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik bangsa, para fresh graduate, untuk mengabdi di IKN," papar Anas. "Fresh graduate direkrut karena sudah cukup lama pemerintah memang tidak merekrut fresh graduate dalam skala yang cukup besar,” lanjutnya. 


Anas menambahkan, pemerintah menginstruksikan agar kementerian terkait segera mendetailkan skema insentif atau tunjangan khusus bagi ASN yang pindah ke IKN. Tunjangan tersebut disebut sebagai tunjangan pionir. 


“Kita sudah siapkan dan simulasikan secara komprehensif terkait tunjangan pionir. Tapi belum bisa kami sampaikan terkait besaran, periode, dan mekanismenya karena masih dibahas dan menunggu arahan Presiden. InsyaAllah dalam dua pekan ke depan sudah beres,” pungkas dia. 


Seperti diketahui, pemerintah akan kembali melakukan rekrutmen CASN 2024, yang terdiri dari seleksi CPNS, PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), dan sekolah kedinasan (sekdin). Total alokasi CASN 2024 sebanyak 2,3 juta, baik di instansi pusat maupun instansi daerah.


Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://money.kompas.com/read/2024/04/18/092937226/pemerintah-siapkan-formasi-khusus-putra-putri-terbaik-kaltim-untuk-asn-ikn

Subscribes Channel Youtube Kami