Pemerintah Membuka 1,6 Juta Formasi PNS

Bimbel Akses Bimbel Akses • 24 May 2023

Pemerintah Membuka 1,6 Juta Formasi PNS

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses Education Center dan pejuang CASN CPNS, Ini informasi penting buat yang menunggu rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023. Info terbaru, tahun ini pemerintah bakal membuka 1,6 juta formasi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Saya hari ini akan menandatangani surat usulan kepada Menteri Keuangan (Sri Mulyani). Surat usulan berdasarkan yang dikirim daerah kurang lebih 1,03 juta orang formasi. Usulan dari berbagai K/L, dengan proyeksi formasi kurang lebih 1,6 juta," jelasnya di Kementerian Keuangan.

Namun Menteri Anas enggan membocorkan kapan waktu rekrutmen. Ia hanya mengatakan pihaknya saat ini masih menjajaki banyak diskusi dengan stakeholder terkait.

Sementara Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik (DAKIP) Kemenpan-RB Mohammad Averrouce mengatakan angka 1,6 juta tersebut masih divalidasi.

“Rencana kebutuhan ASN Pusat dan Daerah sejumlah 1,030 juta terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih proses difinalisasi sejalan proses validasi yang saat ini dilakukan terhadap usulan instansi pusat dan daerah,” katanya.

bimbelcpns.com Ia menambahkan untuk tahun ini formasi penerimaan CPNS yang sudah ditetapkan berjumlah 4.672. Formasi itu untuk sekolah kedinasan. 

Anas menjelaskan lowongan CPNS tidak hanya diusulkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Berbagai kementerian/lembaga juga telah menyetorkan kebutuhan pegawai. Sehingga formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN pusat dan daerah, baik itu untuk PNS maupun PPPK. 

Selain itu, Anas mengaku saat ini sedang mencarikan jalan keluar bagi tenaga honorer kategori (THK) 1 dan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional (P1). Kita sedang diskusi insentif disamping kita menyelesaikan PR yang kemarin itu, yang TKH II dan P1,” kata dia. 

Sebelumnya, secara terpisah, Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iswinarto Setiaji mengatakan, pihaknya masih menunggu aturan dari Panitia Seleksi Nasional Pengadaan Calon ASN (CASN).

“Perihal pengadaan CASN tahun 2023, hingga saat ini masih menunggu aturan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh Panselnas Pengadaan CASN," katanya.

Iswinarto mengatakan, calon pendaftar CPNS perlu mengecek perkembangan mengenai pembukaan pendaftaran seleksi CPNS pada salurah resmi informasi pemerintah. “Selanjutnya, kami imbau agar masyarakat selalu ikuti perkembangannya melalui kanal-kanal informasi resmi milik pemerintah," imbaunya.

Rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kemudian, seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak terbatas pada jalur sekolah kedinasan.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menerangkan ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023. Arah kebijakan pertama adalah fokus pelayanan dasar. Kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.

Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital. bimbelcpns.com

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CASN CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK.

 

1. Berpengalaman selama 14 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CASN CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

Nah, Itulah beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023, daftar sekarang. Konsultasi

Konsultasi mengenai CASN CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

 

 

 

Referensi : 

- https://rbtv.disway.id/read/8405/jadwal-rekrutmen-cpns-2023-makin-dekat-pemerintah-buka-16-juta-formasi-cpns-dan-pppk-siapkan-berkas

Subscribes Channel Youtube Kami