Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Daftar Instansi yang Buka Formasi untuk Lulusan SMA Sederajat

Bimbel Akses Bimbel Akses • 01 March 2024

Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Daftar Instansi yang Buka Formasi untuk Lulusan SMA Sederajat

Berikut daftar instansi yang buka formasi untuk lulusan SMA sederajat pada pendaftaran CPNS 2024.

Diketahui, Sebanyak 2,3 juta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada bulan April.


Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan seleksi CPNS 2024 akan dilaksanakan dalam tiga tahap untuk mengakomodasi formasi tersebut.


“BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak tiga periode. Pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS dan seleksi kedinasan pada periode I akan dimulai pada pekan ketiga bulan Maret 2024,” terang Haryomo.

Ia mengatakan untuk periode kedua, pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilakukan pada Juni 2024.




Untuk periode terakhir atau ketiga, pengumuman dan seleksi administrasi rekrutmen CPNS dan PPPK akan dilakukan pada Agustus 2024.

Pada seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024, pemerintah akan memprioritaskan lulusan baru atau fresh graduate.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), jumlah kursi yang disiapkan pemerintah untuk seleksi CPNS 2024 sebanyak 690.000. Sebanyak 200.000 kursi di antaranya diperuntukkan khusus bagi sarjana atau mahasiswa fresh graduate.


Selain CPNS, Presiden Jokowi mengatakan bahwa tahun ini pemerintah juga membuka formasi untuk PPPK sebanyak 1,6 juta orang, sehingga secara keseluruhan ada 2,3 juta formasi yang dibuka untuk CPNS 2024.

pada seleksi CPNS dan PPPK sebelumnya, ada sejumlah instansi yang membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK pada 2023 lalu.

Merangkum berbagai sumber, berikut rincian instansi atau kementerian yang buka lowongan CPNS dan PPPK untuk lulusan SMA atau sederajat pada 2023.

1. Badan Intelijen Negara (BIN)

2. Kejaksaan Agung

3. Kementerian Pertanian

4. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

5. Kementerian Perhubungan

6. Kementerian Lingkungan Hidup

7. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( BNPP )


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses.




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami


Referensi: https://aceh.tribunnews.com/2024/02/29/pendaftaran-cpns-2024-berikut-daftar-instansi-yang-buka-formasi-untuk-lulusan-sma-sederajat?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami