Persaingan CPNS Super Ketat, 1 Jabatan Dilamar 200 Ribu Orang

Bimbel Akses Bimbel Akses • 02 February 2024

Persaingan CPNS Super Ketat, 1 Jabatan Dilamar 200 Ribu Orang

Persaingan kerja tak hanya terjadi di swasta, tapi juga dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan 1 lowongan CPNS bisa diperebutkan oleh 200 ribu pelamar.


"Kompetisi semakin ketat saat ini," kata Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara Taspen Day, Selasa (16/1/2024).


Rini mulanya mengingatkan bahwa para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk PNS harus menyadari revolusi digital sedang terjadi sangat cepat. Revolusi ini membuat banyak pekerjaan hilang. "Misalnya pekerjaan penjaga gerbang tol berkurang, bahkan sudah tidak ada, taksi konvensional sekarang online," ujar dia.


Rini mengatakan revolusi digital ini mau tidak mau juga berpengaruh ke reformasi yang tengah dilakukan pemerintah. Maka itu, dia meminta ASN juga untuk memperhatikan terjadinya revolusi digital ini.


"Para birokrat dan ASN perlu memperhatikan dunia cepat sekali melakukan perubahan, oleh karena itu kedepannya ini menjadi faktor penting bagaimana teknologi dan digitalisasi menjadi yang paling mendasar dalam birokrasi kita," kata dia.





Rini mengatakan anak muda saat ini juga telah mendominasi kalangan PNS. Banyaknya anak muda yang menjadi ASN itu adalah fenomena umum di berbagai kementerian dan lembaga. "Di kantor kami lebih dari 75% diisi anak muda kaum milenial. Kaum kolonial seperti saya lama-lama berkurang," ujar dia.


Selain itu, dia mengatakan skema bekerja di pemerintahan juga sudah berubah. Pejabat eselon 3 dan 4 banyak dihilangkan, dan diganti dengan skema tim atau skuad. Di lain sisi, kata Rini, kompetisi memperoleh pekerjaan juga semakin ketat. Dia mengatakan dalam seleksi CPNS, satu lowongan bisa diperebutkan oleh 200 ribu pelamar.


"Saat Penerimaan CPNS untuk satu jabatan bisa diperebutkan oleh lebih dari 200 ribu pelamar. Jadi menjadi sangat penting soft skill bagi para ASN," kata dia.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.



Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami



Referensi: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240116114646-4-506214/persaingan-cpns-super-ketat-1-jabatan-dilamar-200-ribu-orang

Subscribes Channel Youtube Kami