Prediksi Batas Minimal Skor TOEFL Untuk Daftar CASN 2024

Bimbel Akses Bimbel Akses • 05 February 2024

Prediksi Batas Minimal Skor TOEFL Untuk Daftar CASN 2024

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 ini tidak hanya terbatas untuk lulusan perguruan tinggi, namun juga mereka yang memiliki ijazah SMA. Diketahui, ada beberapa instansi yang wajib melampirkan sertifikat TOEFL sebagai syarat pendaftaran pada seleksi tahun lalu.


Memang tidak semua instansi mewajibkan pelamar melampirkan sertifikat TOEFL pada seleksi CPNS 2024. Namun, ada sejumlah instansi yang menjadikan hasil tes TOEFL sebagai syarat wajib daftar CPNS terutama pada tahun 2023. 


Lantas, berapa prediksi syarat skor TOEFL untuk daftar CPNS 2024?


Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan segera dibuka. Formasi CPNS 2024 yang dibuka total 2,3 juta dengan formasi fresh graduate sebesar 690.822 formasi.


Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nur Hasan menjelaskan, syarat pendaftaran CPNS akan merujuk pada masing-masing instansi. Dengan kata lain, syarat tes TOEFL diperlukan atau tidak akan tergantung pada ketentuan instansi masing masing.




Daftar Instansi yang Menjadikan TOEFL Syarat Daftar CPNS


Dikutip dari Tribun News, berikut daftar instansi yang pada rekrutmen CPNS 2021 menggunakan tes TOEFL sebagai syarat pendaftaran:


1. Kementerian Luar Negeri


Kemenlu mewajibkan sertifikat TOEFL untuk setiap jabatan yang dilamar.Misalnya, untuk posisi jabatan fungsional Diplomat, skor TOEFL minimalnya 550.Sedangkan untuk jabatan fungsional Penata Anselerai dan Pranata Informasi Diplomatik minimal skor TOEFL 475.Lalu, untuk jabatan pelaksana lainnya, skor TOEFL minimalnya 450.


2. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral


Kementerian ESDM mewajibkan para pelamar di semua jabatan melampirkan sertifikat TOEFL yang masih berlaku dalam kurun waktu dua tahun. Adapun skor TOEFL minimalnya 450.Namun, khusus untuk jabatan Pengamat Gunung Api, Jenang Kapal, Mualim Kapal, Penyandang Disabilitas dan putra/putri Papua/Papua Barat tidak perlu melampirkannya.


3. Kementerian Perindustrian


Kemenperin mewajibkan menyertakan sertifikat TOEFL yang masih berlaku (maksimal 2 tahun dari tanggal penerbitan) bagi pelamar kebutuhan guru dan dosen.Saat itu nilai SKOR TOFL minimalnya 475 dan untuk pelamar di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akes Industri Internasional 500.


4. Kementerian Dalam Negeri


Pelamar yang mendaftar pada jabatan fungsional dosen dan widyaiswara pada seleksi CPNS 2021 di Kemendagri wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.Baca Juga: Rekruitmen CPNS 2023 Dibuka Mulai 17 September, Berikut 4 Tahapan Penting yang Wajib Diperhatikan


5. Kementerian Kesehatan


Pelamar jabatan dosen asisten ahli dalam pengadaan CPNS 2021 harus menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.


6. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)


Kementerian PUPR memberikan penilaian tambahan jika peserta melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.


7. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)


BKPM mensyaratkan para pelamarnya menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.


8. Kementerian Komunikasi dan Informatika


Kementerian ini mewajibkan calon peserta melampirkan bukti sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.Skor ini setara dengan IELTS 4, dan TOEIC 605. Penyertaan sertifikat TOEFL ini tidak berlaku bagi putra/putri Papua dan Papua Barat.

9. Badan Kepegawaian Negara (BKN)


BKN pada seleksi CPNS 2021 mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.


10. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves)


Kemenkomarves mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.Khusus pelamar di unit kerja Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 550.


11. Kementerian BUMN


Kementerian BUMN pada rekrutmen CPNS 2021 mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Masih punya pertanyaan?


Hubungi kami



Referensi: https://www.kompas.tv/ekonomi/441098/catat-berikut-batas-minimal-skor-toefl-untuk-pendaftaran-cpns-2023?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami