Rekrutmen CASN 2024 Segera dibuka, inilah 6 Tahapan Seleksi yang harus kamu ketahui!!

Bimbel Akses Bimbel Akses • 05 January 2024

Rekrutmen CASN 2024 Segera dibuka, inilah 6 Tahapan Seleksi yang harus kamu ketahui!!

Pemerintah akan kembali membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK 2024. Meskipun fokus pemerintah pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan.


Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko menyatakan akan merilis pengumuman seleksi CPNS 2024/2025 pada bulan Mei 2024. Saat ini, masih memproses data perekrutan CPNS 2024/2025 dan institusi yang membuka peluang serta besaran formasinya.


Kementerian PANRB menegaskan pegawai honorer tetap dapat mengikuti seleksi CPNS dan pegawai pemerintah melalui perjanjian kerja (PPPK) selama memenuhi persyaratan Undang-Undang. Semua warga negara berhak mengikuti seleksi CPNS dan PPPK selama memenuhi persyaratan yang ditentukan.


Abdullah Azwar Anas menegaskan CASN ini juga sejalan dengan fokus pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN.


Dia menegaskan kebijakan pengadaan CASN pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.


"Rekrutmen ASN diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital. Arah rekrutmen ASN Talenta Digital untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi," tegas Anas dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (4/1/2024).


Sebagaimana di sampai di atas, pemenuhan ASN tahun 2024 juga masih diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni guru dan tenaga kesehatan. Proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diperuntukkan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.


Anas mengungkapkan, rekrutmen CASN tahun 2024 menyasar 1,6 juta honorer yang masih perlu diakomodir (proyeksi sisa tenaga non-ASN termasuk eks THK2 dari rekrutmen yang telah berjalan sampai 2023). Ia berharap dalam waktu dekat ada kebijakan untuk menangani penataan tenaga non-ASN.


Adapun, para peminat diharapkan melakukan pendaftaran sebelum mengikuti CASN 2024. Pendaftaran dilakukan di SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Setiap pendaftar wajib membuat akun terlebih dahulu.





Menjelang Seleksi CASN 2024 Kami telah mengutip dari cnbcindonesia.com, inilah yang harus dilalui oleh para peserta CASN yang mendaftar akan melalui 6 tahapan berikut ini:


1. Seleksi Administrasi

Pendaftar harus melakukan registrasi di sscasn.bkn.go.id. Peserta harus membuat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan mengunggah dokumen pendaftaran. Selain itu, dokumen harus diverifikasi terlebih dahulu.


2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dalam SKD ini, CASN akan dihadapkan dengan sejumlah tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Wajib diingat, SKD dilaksanakan dalam durasi waktu 100 menit. Seluruh tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Peserta harus lulus dengan total nilai tertinggi atau berada di atas ambang batas tiap tes.


3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah tes selanjutnya setelah SKD. Tes ini berasal dari instansi pembina jabatan. Mereka akan menyusun materi SKB dalam bidang jabatan fungsional.


Adapun, pelaksanaan materi SKB dapat berupa sebagai berikut:


Tes Potensi Akademik

Tes Praktik Kerja

Tes Bahasa Asing

Tes Fisik 

Psikotes


4. Integrasi Nilai

Nilai SKD dan SKB akan dilakukan integrasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Integrasi nilai diambil dari perhitungan total SKD 40 persen ditambah total SKB 60 persen.


5. Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan dapat di lihat di situs masing-masing kementerian dan instansi yang dilamar.


6. Pemberkasan

Peserta yang lulus wajib melengkapi dokumen sebagai berikut:


Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain

Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik

Surat Pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja

Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah

Surat pernyataan bebas Narkoba


Telah Hadir, Bimbingan Belajar Persiapan Lulus Tes CASN-CPNS & CASN-PPPK Pertama, Terbaik dan Tersiap di Indonesia Terbukti 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS ASN, Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses.


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandir)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari Kementerian & 20% Akademisi Dosen

✔️ Perpustakaan digital dan Cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup diskusi intensif

✔️ GRATIS soal harian plus pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan Impianmu untuk lulus tes CASN CPNS & PPPK 2024 By Bimbel Akses



Referensi: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240104092248-4-502663/casn-2024-segera-dibuka-simak-6-tahapan-seleksinya 


https://www.detik.com/jatim/berita/d-7122666/pengumuman-cpns-2024-ada-6-tahapan-seleksi


Subscribes Channel Youtube Kami