Rekrutmen CPNS 2024 Segera Dibuka, Berikut Jadwal dan Syaratnya

Bimbel Akses Bimbel Akses • 10 January 2024

Rekrutmen CPNS 2024 Segera Dibuka, Berikut Jadwal dan Syaratnya

Pemerintah resmi mengumumkan bahwa rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 akan dibuka sebanyak 2,3 juta posisi.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, dalam konferensi pers pada Jumat (5/1/2024) kemarin, rekrutmen CPNS 2024 akan dialokasikan untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.


“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ucap Jokowi.


Jokowi mengatakan pemerintah memberikan peluang kepada lulusan baru melalui pembukaan 690 ribu formasi CPNS tahun 2024.


Selain itu, penataan tenaga non-ASN juga dilakukan dengan merekrut 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” ujar dia.


Bagi calon pelamar rekrutmen CPNS 2024, berikut informasi terkait syarat, rincian formasi dan jadwal pendaftaran.





Rekrutmen CPNS 2024


Syarat CPNS 2024


Berikut ini syarat CPNS 2024 sesuai Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil:


  1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);

  2. Pelamar tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih;

  3. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, Polri, atau pegawai swasta;

  4. Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Polri;

  5. Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

  6. Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

  7. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

  8. Setelah menjadi CPNS, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah;

  9. Pelamar berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan batas usia paling tinggi 40 tahun.


Syarat CPNS 2024 Bagi Lulusan Terbaik atau Cumlaude


  1. Pelamar mempunyai jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D-IV;

  2. Pelamar berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;

  3. Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemendikbudristek.


Syarat CPNS 2024 bagi Penyandang Disabilitas


  1. Pelamar melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;

  2. Pelamar menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar.


Jadwal Pendaftaran


Terkait pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nanang Subandi mengatakan belum memastikan kapan pendaftaran akan dibuka.


"Kami masih menunggu rapat panselnas utk penyusunan jadwal pelaksanaannya sesuai tahapan seperti formasi 2023 kemarin," kata Nanang dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/1/2024).


Adapun rapat panselnas rencananya akan dilaksanakan pekan kedua Januari 2024.


"Segera, ya. Kemungkinan seperti itu (pekan kedua Januari 2024)," kata dia.


Sementara menurut Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kemenpan RB Widaryati Hestiarsih, informasi terkait pendaftaran ASN 2024 akan dibuka segera dan update-nya bisa dipantau di website resmi.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersiap dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas bimbel akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️ GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Daftar di sini


Resmi: https://www.kompas.tv/lifestyle/474836/rekrutmen-cpns-2024-berikut-syarat-rincian-formasi-dan-jadwal-pendaftarannya?page=all 

Subscribes Channel Youtube Kami