Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 Prioritaskan Formasi Tenaga Pendidik

Bimbel Akses Bimbel Akses • 01 February 2023

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 Prioritaskan Formasi Tenaga Pendidik

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses dan pejuang CASN CASN, Pemerintah sedang menyiapkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023. Seiring dengan itu akan dirampungkan juga rangkaian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun anggaran 2022. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut tahun ini rekrutmen CASN meliputi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas, serta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan," kata Anas, (30/1/2023) melalui rilis Kementerian PAN-RB.

 

 

Tenaga Pendidikan Masih Prioritas Anas mengatakan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan. Selain itu, prioritas juga diberikan untuk talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang sedang dilakukan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya," lanjutnya.

Anas menerangkan, kini instansi pemerintah sedang dalam proses persiapan pengusulan formasi. Rekrutmen CASN 2023 disebutnya turut mempertimbangkan beberapa variabel tertentu. Pertimbangan tertentu ini seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, mencakup pula letak geografis dan kemampuan anggaran. Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN 2023 yang prioritas untuk segera diisi. Usai pengusulan, tahap berikutnya adalah penetapan kebutuhan.

 

Formasi ASN ditetapkan dengan tetap merujuk pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

Arah Kebijakan Pengadaan ASN Anas merinci ada empat arah kebijakan pengadaan ASN 2023, yaitu fokus pelayanan dasar, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital, rekrutmen CASN dengan selektif, dan mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terimbas transformasi digital. Sekarang, pemerintah dikabarkan tengah menganalisis jabatan apa saja yang bisa terdampak perkembangan digital. "Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi," ujar Anas.

 

 

Anas menerangkan, kini instansi pemerintah sedang dalam proses persiapan pengusulan formasi. Rekrutmen CASN 2023 disebutnya turut mempertimbangkan beberapa variabel tertentu. Pertimbangan tertentu ini seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, mencakup pula letak geografis dan kemampuan anggaran.  Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN 2023 yang prioritas untuk segera diisi. Usai pengusulan, tahap berikutnya adalah penetapan kebutuhan.

Formasi ASN ditetapkan dengan tetap merujuk pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

Arah Kebijakan Pengadaan ASN
Anas merinci ada empat arah kebijakan pengadaan ASN 2023, yaitu fokus pelayanan dasar, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital, rekrutmen CASN dengan selektif, dan mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terimbas transformasi digital.

Sekarang, pemerintah dikabarkan tengah menganalisis jabatan apa saja yang bisa terdampak perkembangan digital. "Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi," ujar Anas.

 

 

Nah, Itulah rekeutmen CPNS dan PPPK tahun ini prioritaskan formasi tenaga kesehatan.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CASN CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK.

 

1. Berpengalaman selama 14 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CASN CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

Nah, Itulah beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023, daftar sekarang.

 

 

Konsultasi mengenai CASN CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

 

 

Refrensi:

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6544505/formasi-tenaga-pendidikan-jadi-prioritas-rekrutmen-cpns-dan-pppk-2023

Subscribes Channel Youtube Kami