Resmi! Sri Mulyani Menaikkan Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) 8 Persen Per 1 Januari 2024

Bimbel Akses Bimbel Akses • 04 January 2024

Resmi! Sri Mulyani Menaikkan Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) 8 Persen Per 1 Januari 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan gaji aparatur sipil negara (ASN) dan aparat TNI/Polri naik 8 persen per 1 Januari 2024.


"Gaji ASN 2024 tetap dibayarkan kenaikannya sesuai disampaikan Pak Presiden, kenaikannya 8 persen untuk ASN TNI Polri dan untuk pensiunan 12 persen," ucapnya dalam konferensi pers APBN KiTA, Selasa (2/1).





Sri Mulyani mengungkapkan saat ini pemerintah terus menggodok peraturan pemerintah (pp) terkait kenaikan gaji tersebut.


"Jadi kami sekarang sedang kejar. Tapi jangan khawatir tetap kami bayarkan Januari ini komplit untuk 12 bulan," ucapnya.


Ditemui terpisah, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo menuturkan kanaikan itu hanya berlaku untuk gaji pokok saja. Artinya, untuk besaran tunjangan kinerja (tukin) disesuaikan dengan aturan di masing-masing instansi.


"Pokok, kalau tukin itu per K/L," ujarnya.


Ia juga mengatakan kenaikan gaji ASN dibayarkan secara rapel menunggu aturan pelaksana terbit.


"Nanti dirapel, kalau misalkan (PP) terbit Maret, berarti Januari-Februari dibayarkan di Maret," kata Pratowo.


Selain serangkaian PP, Yustinus menyampaikan pemerintah juga tengah merampungkan Peraturan Presiden (Perpres) soal Gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Rencana kenaikan itu sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR pada Rabu (16/8) lalu.


Gaji PNS akan naik sebesar delapan persen. Sementara untuk uang pensiunan PNS dijanjikan bertambah 12 persen.


Besaran gaji pokok PNS saat ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019. Hingga kini, gapok PNS belum ada kenaikan.


Aturan tersebut menetapkan gaji pokok dengan golongan terendah sebesar Rp1,56 juta, sedangkan yang tertinggi Rp5,90 juta.


Tak hanya itu, PNS juga mendapatkan berbagai tunjangan mulai dari tunjangan istri, tunjangan anak, beras hingga tunjangan kinerja.


Telah Hadir, Bimbingan Belajar Persiapan Lulus Tes CASN-CPNS & CASN-PPPK Pertama, Terbaik dan Tersiap di Indonesia Terbukti 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS ASN, Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses.


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandir)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari Kementerian & 20% Akademisi Dosen

✔️ Perpustakaan digital dan Cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup diskusi intensif

✔️ GRATIS soal harian plus pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya


Segera wujudkan Impianmu untuk lulus tes CASN CPNS & PPPK 2024 By Bimbel Akses


Referensi: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240103112301-532-1044732/sri-mulyani-soal-kenaikan-gaji-pns-2024-kami-bayar-komplit-12-bulan

Subscribes Channel Youtube Kami