Sebanyak 1.3 Formasi CPNS Pada 2024, Siap-siap Dokter, Guru, Talenta Digital Hingga Fresh Graduate Diprioritaskan!

Bimbel Akses Bimbel Akses • 27 December 2023

Sebanyak 1.3 Formasi CPNS Pada 2024, Siap-siap Dokter, Guru, Talenta Digital Hingga Fresh Graduate Diprioritaskan!
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memperkirakan, total kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) pada 2024 atau pada tahun akhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sebanyak 1,3 juta orang.

"Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," katanya dalam keterangan resmi Menpanrb, Senin (06/11/2023).

Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja mengatakan, total kebutuhan itu merupakan hasil perhitungan pada tahun ini, yang didasari dari tiga faktor, yakni sisa formasi 2023, jumlah pegawai pensiun, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, sesuai perhitungan  jumlah kebutuhan riil di lapangan.

“Kami melaporkan perlunya fresh graduate yang lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji dalam minggu ini untuk didalami. Kami minta didalami berapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut,” ujar Azwar Anas dikutip dari Antara, Jumat (15/12/2023).



Terlihat pada 2023, rencana kebutuhan ASN secara nasional sebanyak 1.030.751 baik calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Namun terdapat sejumlah instansi yang tidak mengusulkan formasi, termasuk terdapat beberapa pemda yang tidak mengoptimalkan usulan formasinya.

Sementara itu, kuota rekrutmen CPNS dan PPPK dipangkas untuk seleksi periode September 2023. Semula, kuota rekrutmennya mencapai 1.030.751 formasi, diturunkan menjadi 572.496 formasi. Jumlah itu terdiri dari formasi pemerintah pusat sebanyak 78.862 kursi, sedangkan pemerintah daerah 493.634 kursi.

Aba mengungkapkan, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN yang mengantikan UU No. 5/2014 membuka ruang sistem rekrutmen pegawai pemerintah yang lebih fleksibel dari sebelumnya Menteri PANRB menetapkan usulan dan jabatan formasi dari setiap instansi.



Sebelumnya, Kementerian PANRB merancang adanya proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tiap tiga bulan sekali, berbeda dengan sebelumnya dimana perekrutan dilakukan satu sampai dua tahun sekali.

Azwar Anas menyampaikan bahwa jarak yang singkat dari setiap rekrutmen ini mengacu pada tujuh agenda reformasi dan transformasi sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Telah Hadir, Bimbingan Belajar Persiapan Lulus Tes CASN-CPNS & CASN-PPPK Pertama, Terbaik dan Tersiap di Indonesia Terbukti 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS ASN, Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses.

Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Professional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandir)
✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari Kementerian & 20% Akademisi Dosen
✔️ Perpustakaan digital dan Cek jurusan
✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com
✔️ Grup diskusi intensif
✔️ GRATIS soal harian plus pembahasan
✔️ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com
✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan Impianmu untuk lulus tes CASN CPNS & PPPK 2024 By Bimbel Akses

Subscribes Channel Youtube Kami