Segera Bersiap! Penerimaan CPNS Dimulai Bulan Juni, Sekolah Kedinasan Mulai Mei 2024

Bimbel Akses Bimbel Akses • 04 May 2024

Segera Bersiap! Penerimaan CPNS Dimulai Bulan Juni, Sekolah Kedinasan Mulai Mei 2024

Kabar baik bagi para pencari kerja, seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang mencakup CPNS dan PPPK, akan dibuka pada bulan Juni 2024. 


Seiring dengan itu, seleksi untuk sekolah kedinasan akan dimulai lebih awal pada bulan Mei.


"Kami menargetkan pendaftaran CASN CPNS dan PPPK) dimulai pada bulan Juni 2024," ungkap Anas dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024 di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada Jumat (3/5/2024).



Sebelum pembukaan seleksi CPNS dan PPPK, seleksi untuk sekolah kedinasan akan diadakan terlebih dahulu. Anas menyatakan bahwa tahun ini akan tersedia 3.445 formasi untuk 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan.


"Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi," ujar dia.


Detail mengenai sekolah kedinasan yang akan mendapatkan alokasi formasi termasuk Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).


"Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman, misalnya di STMKG di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security," terangnya.


Kementerian PAN-RB telah menyetujui alokasi sebanyak 1,2 juta formasi, yang terdiri dari 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah. Dari jumlah tersebut, sekitar 600 ribu formasi diperuntukkan bagi fresh graduate atau lulusan baru. 


Ini merupakan tahap awal dalam memenuhi kebutuhan sebanyak 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara bertahap.


Namun, penetapan jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi CASN tahun ini belum sepenuhnya final. 


Hal ini disebabkan oleh beberapa kementerian dan lembaga (K/L) yang belum mengajukan usulan formasi mereka, sehingga pembukaan seleksi mengalami penundaan dari jadwal awalnya yang direncanakan pada bulan Mei.


"Pemerintah telah melakukan rincian dalam sistem layanan perincian BKN dengan rincian 4 instansi belum membuat rincian formasi. Mohon maaf saya tidak bisa menyebut instansinya. Lalu ada 36 instansi yang sedang menyusun rencana formasi, 39 instansi telah selesai menyusun rencana informasi," paparnya.


Anas menjelaskan, sebelumnya formasi detail langsung diberikan oleh KemenPAN-RB. Namun saat ini sistemnya sedikit diubah, yakni diserahkan ke KL masing-masing, termasuk pemda demi menyesuaikan prioritas K/L terkait. Namun justru hal ini mendatangkan tantangan baru baginya.


"Ternyata justru ketika berikan ini bukan mudah, dan ini membutuhkan koordinasi yang terus kita kerjakan, yang semula deadline tanggal 5 (pengumpulan formasi), kita perpanjang ke tanggal 20, kita perpanjang lagi ke tanggal 30. Sebagian kementerian telah selesai mengirim formasi, sebagian belum," pungkasnya.


Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://finance.detik.com/cpns/d-7323192/siap-siap-seleksi-cpns-dibuka-juni-sekolah-kedinasan-mei-2024 

Subscribes Channel Youtube Kami