Seleki CASN 2024, Ini Kebutuhan ASN yang Menjadi Prioritas

Bimbel Akses Bimbel Akses • 19 March 2024

Seleki CASN 2024, Ini Kebutuhan ASN yang Menjadi Prioritas

Pemerintah akan kembali mengadakan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun ini, yang terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan sekolah kedinasan (sekdin). 


Ada beberapa kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang akan diprioritaskan dalam seleksi CASN 2024, salah satunya fresh graduate yang memiliki kemampuan digital.


Selain itu, pemerintah juga akan memprioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemenuhan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).



Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, rekrutmen bagi para fresh graduate akan dilakukan melalui seleksi CPNS. Sementara itu, seleksi PPPK diperuntukkan bagi tenaga honorer (non-ASN) dan eks THK-2 yang masuk dalam basis data milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).


“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya. Tentu pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan teman-teman honorer,” ujar Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Senin (18/3/2024)


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menerima usulan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 1,38 juta dari berbagai instansi pusat dan daerah. Dari jumlah tersebut, 1,28 juta formasi telah ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional secara bertahap. 


Total kebutuhan ASN yang tercatat mencapai 2,3 juta. Menteri PANRB, Anas, menjelaskan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate, yang akan berperan sebagai akselerator dalam mesin birokrasi dan pelayanan publik. 


Kebijakan rekrutmen ASN talenta digital ini bertujuan untuk mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional melalui digitalisasi sektor-sektor seperti pertanian, perindustrian, pariwisata, UMKM, perdagangan, dan lainnya. Anas menekankan bahwa talenta digital yang direkrut tidak hanya terfokus pada sektor hilir seperti digital marketing, tetapi juga di sektor hulu seperti pertanian dengan penggunaan e-farming untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional.


Anas mengungkapkan bahwa instansi pemerintah perlu merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Pemerintah dengan Jabatan Fungsional (APIP), seperti auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD), karena kekurangan tenaga ahli tersebut hampir terjadi di seluruh daerah. Instansi pemerintah diberikan kesempatan untuk mengusulkan ASN yang diperlukan ke Institut Kebijakan Negara (IKN) untuk memenuhi kebutuhan nasional. 


Pengisian ASN untuk IKN direncanakan akan dilakukan melalui pemindahan ASN dari kementerian/lembaga pusat serta melalui formasi CPNS khusus IKN pada tahun 2024. Terdapat juga kebijakan afirmatif untuk memberikan kuota khusus bagi putra-putri terbaik dari Kalimantan Timur serta mutasi pegawai ASN dari pemerintah daerah di wilayah tersebut. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun ini direncanakan akan dilakukan sebanyak tiga kali, dengan tahap pertama membuka rekrutmen CPNS dan sekolah kedinasan.


Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses



Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: 

https://money.kompas.com/read/2024/03/18/092540126/seleki-casn-2024-ini-kebutuhan-asn-yang-menjadi-prioritas

Subscribes Channel Youtube Kami