4 jurusan yang punya kesempatan besar untuk lolos menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara)

Bimbel Akses Bimbel Akses • 07 June 2023

4 jurusan yang punya kesempatan besar untuk lolos menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara)

bimbelcpns.com - Berikut info CPNS 2023 terbaru mengenai 4 jurusan yang punya kesempatan besar untuk lolos menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun ini.

Nah, berhubungan dengan beberapa formasi CPNS 2023 yang menjadi prioritas pemerintah pada rekrutmen tahun ini.

Maka, inilah 4 jurusan yang diprediksi menjadi jurusan yang paling beruntung dan relevan dengan formasi prioritas CPNS 2023 tahun ini.

Namun, perlu Anda ketahui 4 jurusan berikut ini adalah jurusan diluar sekolah kedinasan. Karena seperti kita ketahui bersama, bahwa pendaftaran CPNS 2023 ini dibuka untuk umum. Namun, untuk formasi CPNS 2023 sendiri terbatas hanya pada beberapa jabatan tertentu saja.

bimbelcpns.com Maka, inilah 4 jurusan yang diprediksi menjadi jurusan yang paling beruntung dan relevan dengan formasi prioritas CPNS 2023 tahun ini. Namun, perlu Anda ketahui 4 jurusan berikut ini adalah jurusan diluar sekolah kedinasan. Karena seperti kita ketahui bersama, bahwa pendaftaran CPNS 2023 ini dibuka untuk umum. Namun, untuk formasi CPNS 2023 sendiri terbatas hanya pada beberapa jabatan tertentu saja. Kebutuhan ASN pada rekrutmen CASN tahun ini juga mencapai lebih dari 1 juta formasi CPNS 2023 dan PPPK.


Selain itu, jika melihat pada kebijakan pemerintah yaitu Kementerian PANRB, bahwa pada rekrutmen CPNS 2023 akan ada formasi prioritas khusus bagi para fresh graduate. 

Dilansir Tribungayo.com dari laman Kementerian PANRB mengenai kebiajkan pada CPNS 2023, dimana Anas telah menyampaikan bahwa Pemerintah memiliki 4 arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023.

Salah satunya, arah kebijakan tersebut terdiri dari fokus pelayanan dasar dan kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital pada CPNS 2023

Jika merujuk pada surat edaran Menteri PANRB pada 14 MAret 2023 dengan nomor: B/521/M.SM.01.00/2023.

Maka, ada beberapa formasi CPNS 2023 yang akan difokuskan oleh pemerintah yaitu bidang Kejaksaan, bidang kehakiman, bidang Intelijen, dan Dosen.

Jika mengacu pada 4 formasi CPNS 2023 dan 1 formasi khusus tersebut.


Adapun 4 jurusan yang relevan dengan formasi CPNS 2023 yaitu:

1. Jurusan Hukum


Lulusan S-1 dengan Jurusan Hukum juga menjadi jurusan prioritas untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Selain menjadi jurusan prioritas, jurusan hukum juga sebenarnya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh instansi pemerintahan.

Jurusan Hukum ini juga terdiri dari beberapa bagian Kembali, yaitu Hukum Pidana dan Hukum Perdata.

Di hukum pidana hal yang dipelajari adalah Hukum Penitensier, Tindak Pidana Narkotika, Tindak Pidana Teroris, Tindak Pidana Korupsi, Cyber Law, Tindak Pidana Perdagangan Anak,

Pencemaran Nama Baik, Perbuatan Tidak Menyenangkan, Corporate Criminal, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Penegakan Hukum Pidana Internasional dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.

Sedangkan, Hukum perdata merupakan konsentrasi favorit mahasiswa hukum. Hukum perdata membahas hak-hak dan kepentingan individu.

2. Jurusan Pendidikan


Pemerintah tahun ini membutuhkan lebih banyak tenaga pengajar, seperti guru dan dosen. Oleh karenanya, jurusan pendidikan sepertinya akan punya peluang besar di CPNS 2023 ini. Jurusan pendidikan adalah program studi yang fokus mempelajari dan mempersiapkan lulusannya untuk jadi tenaga pendidik alias guru.

Selain belajar tentang bidang studi tersebut, mahasiswa juga akan belajar tentang proses transfer ilmu yang efektif kepada murid, cara tepat untuk mengajar, cara mengelola kelas, cara mengembangkan program pembelajaran, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak program studi jurusan pendidikan, bahkan ada cabang pendidikan siswa berkebutuhan khusus, PGPAUD, PGTK, hingga PGSD, selain juga pendidikan di berbagai cabang ilmu.

3. Jurusan Cyber Security


Jurusan primadona dan prioritas selanjutnya yaitu S-1 jurusan Cyber Security.

Jurusan Cyber Security ini dibutuhkan untuk bisa membantu pemerintahan dalam hal menjaga big data dan menjadi forensics analyst.

Karena sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini menjadi orang yang memiliki jawaban nya.

Untuk itulah, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang sangat relevan dan punya peluang besar untuk lolos pada rekrutmen CPNS 2023 nantinya.

4. Jurusan Ilmu Komputer


Jurusan ilmu komputer, disini Kamu akan mempelajari berbagai teori serta konsep dalam ilmu komputer hingga pengembangan software. 

Jurusan ini memiliki cakupan ilmu komputer yang cukup luas.

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming.

Jika Anda para calon pelamar CPNS 2023 adalah lulusan dari jurusan Ilmu Komputer ini.

Maka, Anda pastinya sudah dibekali dengan keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

bimbelcpns.com Jadi, pada dasarnya kamu akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya.

Di jurusan ini, ide-ide kreatifmu bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas ini.

Maka dari itulah, pada rekrutmen CPNS 2023, jurusan Ilmu komputer menjadi jurusan yang paling relevan dengan formasi CPNS 2023 bidang talenta digital.

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CASN CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CASN CPNS dan PPPK.


1. Berpengalaman selama 14 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CASN CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap


Nah, Itulah beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2023, daftar sekarang.


Konsultasi mengenai CASN CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

Refrensi:https://gayo.tribunnews.com/2023/06/02/info-terbaru-cpns-2023-4-jurusan-ini-punya-kesempatan-besar-untuk-lolos-jadi-asn?page=4

Subscribes Channel Youtube Kami