CPNS 2023 Dibuka, Berikut Gaji PNS Lulusan SMA Beserta Tunjangannya !!

Bimbel Akses Bimbel Akses • 31 December 2022

CPNS 2023 Dibuka, Berikut Gaji PNS Lulusan SMA Beserta Tunjangannya !!

bimbelcpns.com - Halo Sobat Akses dan pejuang CASN, Kabar baik untuk Kamu yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), karna pemerintah sudah mengkonfirmasi jika CPNS 2023 dipastikan akan digelar tahun depan. Hal tersebut sudah disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas.

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," ungkapnya, seperti dikutip dari laman MenPANRB Jumat (30/12)/2022).

 

 

Menjadi seorang ASN seperti menjadi salah satu pekerjaan impian kebanyakan masyarakat di Indonesia. Akan tetapi apakah kamu sudah mengetahui besaran gaji seorang ASN? 

Gaji ASN paling kecil adalah bagi mereka yang melamar menggunakan ijazah SMA atau sederajat. Mereka akan dimasukkan dalam golongan II A. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji PNS atau ASN lulusan SMK atau SMA berada pada kisaran Rp 2.02.200 sampai Rp 3.820.000.

Gaji PNS lulusan SMK atau SMA ini berdasarkan golongan dan masa kerjanya. Ketika menjadi PNS, lulusan SMK atau SMA akan masuk di golongan II. Dan inilah rincian pembangiannya.

 

 

Golongan II/A, gaji pokok mulai dari Rp 2.022.200 - Rp 3.373.600
Golongan II/B, gaji pokok mulai dari Rp 2.208.400-Rp 3.516.300
Golongan II/C, gaji pokok mulai dari Rp 2.301.800-Rp 3.655.000
Golongan II/D, gaji pokok mulai dari Rp 2.399.200-Rp 3.820.000


Selain itu komponen gaji ASN tidak hanya terdiri dari gaji pokok. Mereka akan mendapatkan sejumlah tunjangan. Tunjangan-tunjangan yang akan diperoleh ASN adalah sebagai berikut. 

Tunjangan keluarga: diberikan kepada PNS yang telah memiliki keluarga. Terdiri atas tunjangan suami/istri dan tunjangan anak (maksimal dua anak) dengan nominal 10% dan 2% dari gaji pokok.


Tunjangan jabatan/struktural: akan diberikan kepada pegawai yang memimpin sebuah kesatuan organisasi atau kesatuan kerja. Besarnya tunjangan ini untuk Eselon 4A Rp 540.000, Eselon 3B Rp 980.000, Eselon 3A Rp 1.260.000, Eselon 2B Rp 2.025.000, dan seterusnya.


Tunjangan fungsional: diberikan untuk kelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berhubungan dengan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu. Misalnya tenaga pendidikan, kesehatan, arsiparis, dan lain sebagainya. 


Tunjangan beras: tunjangan ini diberikan kepada PNS dan keluarganya dalam bentuk uang sebanyak 10 kg/orang. 


Tunjangan pajak: tunjangan ini diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang pajak penghasilan.

 

 


Di samping itu, PNS dan keluarganya juga diberikan tunjangan kesehatan, berupa BPJS Kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa komponen gaji itu berlaku untuk semua jenis PNS baik itu yang bekerja di pemerintahan maupun di lembaga pendidikan seperti dosen. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2009, setiap pendidik profesional, seperti guru dan dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik diberi tunjangan profesi setiap bulan. Besaran tunjangan profesi adalah satu kali gaji pokok pegawai sesuai dengan peraturan UU terkait gaji dosen di Indonesia. 

 

Nah, Itulah informasi terkait besaran gaji PNS untuk lulusan SMA beserta tunjangannya dimana informasi ini sangat penting untuk kamu para pejuang ASN .

 

Selain itu bimbel akses juga bekerjasama dengan berbagai macam instansi dan kementrian melalui kelas pelatihan kerjasama lulus tes CASN PPPK, salah satunya di Poltekpel Surabaya, yang berada di Jl. Gunung Anyar Boulevard No.1, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294

 

 

 

 

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes CPNS dan PPPK bisa join di bimbel akses, mengapa kamu harus join bersama bimbel akses ?, karena bimbel akses memiliki beberapa program unggulan untuk tes seleksi CPNS dan PPPK, lalu ini lah beberapa faktor kamu harus mempersiapkan tes CPNS dan PPPK.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti sudah meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, Cek testimoninya, ASN PNS, ASN PPPK.

3. Materi terupdate untuk seleksi CPNS dan PPPK.

4. Pengajar sangat berkompeten.

5. Fasilitas & sarana super lengkap

 

 

Nah, Itulah beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022 bersama bimbel akses, gabung sekarang juga bersama bimbel akses agar peluang lulus kamu semakin besar untuk menghadapi tes ASN PNS dan ASN PPPK 2022, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai CPNS dan CASN PPPK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

Salam sukses !

 

 

 

Refrensi:

https://www.sukabumiupdate.com/keuangan/110997/cpns-2023-akan-dibuka-ini-rincian-gaji-pns-lulusan-sma-beserta-tunjangannya

Subscribes Channel Youtube Kami